??Gol Tangan Tuhan? Menangkan Villarreal Atas Leganes

Berita

by redaksi

“Gol Tangan Tuhan” Menangkan Villarreal Atas Leganes

Kesebelasan berjuluk The Yellow Submarine, Villarreal, mengalahkan Leganes 2-1 pada lanjutan laga La Liga Spanyol, Sabtu, (22/04) malam. Namun, kemenangan tersebut berbau kontroversi karena diduga gol kedua yang dicetak Cedric Bakambu dilakukan menggunakan tangannya.

Kemenangan Villarreal memperbesar peluang mereka untuk lolos ke Liga Eropa sekaligus memperkokoh posisi ke-5. Sementara bagi Leganes, kekalahan ini membuat mereka kini berjarak lima poin dari zona merah [degradasi] dengan menyisakan lima pertandingan. Hasil ini juga membuat Leganes memperpanjang rekor tak pernah menang dalam tujuh pertandingan.

Villarreal mendominasi jalannya pertandingan menghadapi Leganes, namun baru bisa mencetak gol pembuka pada menit ke-68 melalui sontekan Cedric Bakambu yang menerima umpan dari Roberto Soldado. Meski begitu, Leganes bukan tanpa peluang. Mereka terus menggempur pertahanan Villarreal hingga akhirnya Guererro menyamakan kedudukan saat memasuki menit-menit akhir pertandingan melalui sundulannya.

Namun ketika pertandingan diperkirakan akan berakhir 1-1, Villareal berhasil mencetak gol pada menit ke-91. Cedric Bakambu mencetak gol keduanya memanfaatkan umpan Jonathan dos Santos. Dari tayangan ulang, ternyata Bakambu sempat menyentuh bola dengan tangannya.

Wasit bergeming dengan adanya indikasi handball dari Bakambu meski mendapat protes dari para pemain Leganes. Gol ini pun tentu mengingatkan kita pada gol "Tangan Tuhan" Diego Maradona pada Piala Dunia 1986 menghadapi Inggris. Gol yang diciptakan menggunakan tangannya itu pun membuat Argentina kalahkan Inggris dengan skor 2-1.

Penjaga gawang Leganes, Herrerin, melihat jelas striker asal Kongo tersebut menggunakan tangannya untuk mencetak gol. “Dia [Bakambu] mencetak gol dengan tangannya. Kami sedang berjuang untuk menyamakan kedudukan dan itu tidak mungkin [bagi wasit] untuk tidak melihatnya,” ucap Herrerin dikutip USA Today.

Setelah pertandingan usai, Herrerin, juga beberapa pemain Leganes lainnya, Alberto Bueno, Unai Lopez, dan Diego Rico, beramai-ramai menyempatkan diri untuk mengunggah foto tentang insiden ini di media sosialnya masing-masing.

Komentar