Maldini: Sepakbola Modern Buat Seni Bertahan Kehilangan Karakteristik

Berita

by Redaksi 26 45686

Redaksi 26

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Maldini: Sepakbola Modern Buat Seni Bertahan Kehilangan Karakteristik

Legenda AC Milan, Paolo Maldini, mengaku cukup terganggu dengan pengaruh gaya bermain modern terhadap seni bertahan dalam sepakbola. Pria yang menghabiskan kariernya bersama I Rossoneri itu menilai jika para pemain belakang modern telah melupakan cara mengawal lawan karena saat ini segalanya telah berubah dalam sepakbola.

"Sekarang sepakbola telah berubah," seru Maldini seperti yang dikutip Football-Italia. "Bek tengah mengawali permainan, sekarang mereka lebih sering mengendalikan bola dan semuanya bermula dari kiper. 20 tahun lalu, hanya ada para bek dan hanya beberapa dari mereka yang percaya diri dapat menguasai bola, jadi segalanya telah berubah.”

“Tetapi mereka juga melupakan kebiasaan untuk mengawal (lawan) saat sepak pojok atau dalam posisi satu-lawan-satu, jadi seni bertahan telah kehilangan beberapa karakteristik."

"Ya, ini mengganggu saya. Terutama di level teratas, karena saya tak berbicara tentang tim divisi kedua. Saya berbicara tentang tim nasional dan Liga Champions. Olahraga ini telah banyak berubah, tapi saya pikir pertahanan hebat menciptakan tim yang lebih baik untuk jangka panjang," pungkasnya.

Selain itu, Maldini pun memberikan contoh tim yang dapat memainkan seni bertahan yang baik di era sepakbola modern seperti sekarang ini. Lalu ia juga turut memberikan pandangannya terhadap para pemain belakang modern yang telah disinggungnya tadi.

“… Itu tergantung pada bagaimana Anda berlatih. Manajer Chelsea, Antonio Conte, sangat hebat. Begitu pun dengan pelatih Juventus, Max Allegri. Kita bisa katakan jika tradisi Italia masih bisa berada di puncak permainan dengan dua pelatih hebat ini.”

“Sergio Ramos sangat bagus, tetapi terkadang ia lupa caranya bertahan. Ia pemain besar, berteknik dan dapat mencetak gol. Saya juga menyukai Thiago Silva, ia bermain untuk PSG sehingga Anda tidak dapat terlalu sering melihat Liga Prancis di Italia. Kita tidak melihat liga mereka tetapi saya ingat ketika ia masih memperkuat Milan,” tambahnya.

Maldini sendiri dikenal sebagai salah satu bek hebat yang pernah dilahirkan di dunia sepakbola. Kemampuannya kala melakukan penetrasi dan melepaskan tekel-tekel bersih seringkali mampu mengundang decak kagum. Dari 25 tahunnya berkarier di dunia sepakbola, Maldini telah bermain sebanyak 902 laga bersama AC Milan, dan 126 laga bersama timnas Italia.

Komentar