Rangkuman Serie-A Giornata 26: Atalanta ke Peringkat Empat

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Rangkuman Serie-A Giornata 26: Atalanta ke Peringkat Empat

Giornata 26 Serie-A 2016/2017 menjadi pekan dengan kemenangan ganda dari beberapa kesebelasannya. Tapi yang jelas kemenangan ganda itu dibuat lebih mengejutkan oleh Atalanta setelah menang di kandang Napoli. Selain itu, kutukan penalti masih menghampiri penyerang tajam di Serie-A musim ini. Setelah kutukan penalti menghantui Edin Dzeko, giornata 26 ini menunjukan jika mesin pencetak gol di Serie-A menghantui penyerang lainnya, yaitu Andrea Belotti.

AS Roma Rajai Internazionale Milan

Roma akan menyelesaikan musim ini dengan kebanggaan tersendiri atas Internazionale Milan. Untuk pertama kalinya sejak Serie-A 1994/1995, Roma meraih kemenangan ganda atas Inter. Pada Serie-A putaran pertama Roma berhasil mengalahkan Inter di Stadion Olimpico dengan skor 2-1. Kemudian pada putaran dua dan bertepatan dengan giornata 26 ini, Inter kembali dikalahkan Roma yang kali ini dengan skor 3-1.

Selain itu, gawang Inter menjadi favorit bagi Radja Nainggolan. Ia mencetak dua gol pada pertandingan melawan Inter di giornata 26 tersebut. Dua gol itu dicetak melalui tendangan di luar kotak penalti. Total, Nainggolan sudah mencetak lima gol ke gawang Inter sejak memperkuat Roma.

Atalanta Melesat ke Peringkat Empat

Secara mengejutkan Napoli dikalahkan di kandangnya sendiri ketika menjamu Atalanta di Stadion San Paolo. Napoli dikalahkan 2-0 melalui dua gol yang dicetak Mattia Caldara. Sebelumnya Napoli belum terkalahkan 14 pertandingan Serie-A 2016/2017. Kekalahan mereka terakhir dirasakan ketika bertandang ke Juventus pada 30 Oktober 2016. Sementara kekalahan kandang terakhir mereka dialami ketika menjamu Roma pada 15 Oktober 2016.

Hasil dari Atalanta itu merupakan kekalahan pertama Napoli di 2017. Sejak menginjak 2017, Napoli mengoleksi 10 kemenangan dan empat kali imbang di kompetisi Serie-A. Dan hasil tersebut juga merupakan kemenangan ganda Atalanta atas Napoli di musim ini. Sekarang Atalanta pun melesat ke peringkat empat klasemen sementara dengan raihan 51 poin.

AC Milan Akhirnya Mampu Kalahkan Sassuolo

AC Milan berhasil menang di kandang Sassuolo dengan skor 1-0. Hasil itu merupakan kemenangan ganda bagi Milan atas Sassuolo untuk pertama kalinya. Pada putaran pertama, Milan berhasil mengalahkan Sasuolo dengan skor 4-3. Beberapa musim sebelumnya, Milan selalu disulitkan Sassuolo. Bahkan Sassuolo sudah tiga kali mengalahkan Milan. Kemenangan Milan atas Sassuolo di giornata 26 itu juga merupakan yang pertama kalinya di stadion MAPEI.

Kutukan Penalti Andrea Belotti

Torino memang berhasil mengimbangi tuan rumah Fiorentina dengan skor 2-2. Skor itu membuat Fiorentina cuma mampu menang satu kali dari delapan pertemuan terakhir dengan Torino. Artinya, Torino masih kuat jika berhadapan dengan Fiorentina. Namun hasil imbang 2-2 di giornata 26 justru kembali melukai Andrea Belotti. Sebab eksekusi penaltinya kembali gagal dan itu merupakan yang ketiga kalinya di pada musim ini. Sebelumnya, eksekusi penalti Belotti melenceng ketika menghadapi AC Milan dan Bologna.

Kendati demikian, Belotti tetap bisa menyumbangkan dua gol penyelamat dari kekalahan melawan Fiorentina. Sebab Fiorentina ungul dua gol tanpa balas pada babak pertama sebelum Belotti mampu menyamakan kedudukan. Andai penalti yang dieksekusi Belotti masuk, maka ia menciptakan hattrick pada laga tersebut. Namun Belotti masih memimpin pencetak gol terbanyak sementara di Serie-A musim ini dengan 19 gol. Jumlah itu sama dengan yang ditorehkan Dzeko dan Gonzalo Higuain.

Debut Andrea Mandorlini

Genoa tampil dengan pelatih baru di bangku cadangan mereka setelah menunjuk Andrea Mandorlini. Ia dipilih untuk menggantikan Ivan Juric yang dipecat karena rententan buruk Genoa sampai setengah musim lebih ini. Puncaknya Juric dipecat usai dikalahkan Pescara dengan lima gol tanpa balas pada giornata sebelumnya. Namun debut Mandorlini tidak terlalu mulus. Pelatih yang terakhir kali bekerja untuk Hellas Verona pada 2015 itu cuma bisa mempersembahkan hasil imbang 1-1 untuk Genoa ketika melawan Bologna.

Komentar