Kontroversi Handball, Setelah Sanchez Sekarang Stindl

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kontroversi Handball, Setelah Sanchez Sekarang Stindl

Kadang sebuah kontroversi kecil dapat berpengaruh begitu besar terhadap hasil sebuah pertandingan. Setidaknya itulah yang terjadi dalam laga FC Ingolstadt melawan Borussia Mönchengladbach, Minggu (26/2/2017) malam.

Dalam pertandingan tersebut, Gladbach sukses meraih kemenangan 0-2 atas tuan rumah Ingolstadt lewat sebiji gol masing-masing dari Lars Stindl dan Andre Hahn. Kekalahan ini membuat Ingolstadt semakin terjerembab ke dalam jurang degradasi, sedangkan Gladbach perlahan mulai merangkak naik ke papan tengah klasemen Bundesliga 2016/2017.

Namun ada sebuah kejadian yang cukup menyita perhatian dalam pertandingan tersebut. Lars Stindl, sang pencetak gol pertama Gladbach, diduga mencetak gol tersebut dengan cara yang tidak sah, yakni dengan menggunakan tangan.

Jadi ketika berusaha untuk menerima umpan hasil dari tendangan penjuru, Stindl berusaha untuk menyambut bola. Namun, bola mengenai dadanya, dan langsung mengenai tangannya yang menagkibatkan bola berganti arah. Bola pun melesak masuk ke dalam gawang dan akhirnya Gladbach unggul 0-1 atas Ingolstadt sejak menit ke-60.

Apa yang dilakukan oleh Stindl ini hampir serupa dengan yang terjadi kepada Alexis Sanchez dalam pertandingan melawan Hull City beberapa minggu yang lalu. Ketika itu, Sanchez pun kedapatan menyentuh bola dengan tangannya, sehingga arah bola berubah dan masuk ke dalam gawang. Gol Sanchez tetap disahkan, karena menurut Howard Webb, Sanchez tidak berusaha untuk menyentuh bola. Tangannya terangkat karena menjaga keseimbangan tubuhnya yang akan jatuh.

Baca Juga: Perihal Gol Handball Kontroversial Alexis Sanchez

Alasan ini juga yang dikemukakan oleh Stindl soal gol pertama Gladbach yang ia cetak dan berbau handball tersebut. Ia mengatakannya sebagai sebuah "refleks alami" ketika bola menghampirinya, sehingga bola mengarah ke tangannya, berubah haluan, dan mengarah ke gawang.

"Saya benar-benar tidak bermaksud untuk menyentuh bola itu dengan tangan saya. Itu hanya bagian dari sebuah refleks alami ketika bola menghampiri saya. Bola memantul ke dada saya, menuju tangan saya, dan berubah arah ke arah gawang. Masuknya bola ke gawang ini, bisa saya katakan murni sebuah keberuntungan semata," ujar Stindl dikutip dari World Football.

Pelatih Ingolstadt, Maik Walpurgis, mengungkapkan bahwa kejadian ini menjadi titik balik yang cukup vital dalam pertandingan tersebut. Sampai menit ke-61, sebenarnya Ingolstadt sudah mampu menekan lini pertahanan Gladbach dengan cukup baik. Gol kontroversial dari Stindl ini, menurutnya, memengaruhi mental anak asuhnya.

"Hari ini, tim kami (Ingolstadt) diperlihatkan sebuah kenyataan bahwa satu hal kecil yang terjadi, bisa mengubah jalannya pertandingan secara keseluruhan. Gol itu (gol Stindl) memengaruhi mental anak asuh saya."

"Saya tidak ingin berdebat lebih panjang tentang gol tersebut, juga niatan dari Stindl apakah memang ia benar-benar menyentuh bola secara sengaja atau tidak. Saya hanya ingin mengatakan bahwa, keputusan wasit dalam kejadian tersebut (dengan memberikan gol) adalah salah," ungkap Maik.

Sumber lain: bundesliga.com

foto: @WahreTabelle

Komentar