Gabbiadini Cemerlang, Southampton Hajar Sunderland

Berita

by Redaksi 26

Redaksi 26

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Gabbiadini Cemerlang, Southampton Hajar Sunderland

Southampton sepertinya tak akan menyesal ketika harus mengeluarkan uang sebesar 17 juta paun guna mengangkut Manolo Gabbiadini dari Napoli pada bursa transfer Januari lalu. Gabbiadini pun sepertinya sadar betul dana tebusan terhadap dirinya merupakan uang yang sangat besar bagi tim sekelas Southampton.

Datang sebagai pemecah rekor transfer klub, penyerang berusia 25 tahun itu memang langsung mampu mempertanggungjawabkan labelnya itu. Dalam laga debutnya melawan West Ham (4/2/17) Gabbiadini berhasil menyumbangkan satu gol yang dicetaknya dari sudut sempit. Dalam prosesnya itu, ia memperlihatkan ciri khas penyerang Italia yang dikenal sangat piawai dalam melepaskan diri dari perangkap offside lawan.

Dan di laga kedua melawan Sunderland (11/2/17), Gabbiadini berhasil menambah pembendaharaan golnya menjadi tiga. Gol pertamanya di laga itu ia buat pada menit ke-30 melalui sundulan setelah memanfaatkan umpan silang Ryan Bertrand dari sisi kanan pertahanan Sunderland.

Sementara gol keduanya ia ciptakan di penghujung babak pertama melalui sepakan kaki kanan di dalam kotak penalti. Menerima umpan dari sisi kanan, Gabbiadini mengontrol bola dengan sangat tenang walaupun ia ditekan oleh dua pemain Sunderland sekaligus. Alih-alih mengembalikan bola kepada pemain yang muncul dari lini kedua, pemain yang lahir di Calcinate itu dengan pede mengelabui dua bek The Black Cats sebelum akhirnya menghujamkan bola ke gawang Vito Mannone.

Pertandingan sendiri berakhir dengan skor 4-0, di mana dua gol tambahan Soton tercipta dari gol bunuh diri Jason Denayer, juga dari sontekan Shane Long di mulut gawang.

Selepas laga, manajer Soton, Claude Puel, memberikan pujian kepada penyerang timnas Italia tersebut. Menurut manajer asal Prancis itu, Gabbiadini merupakan pemain berteknik yang memiliki kualitas yang nyata.

“Ini adalah awal yang sangat baik. Manolo (Gabbiadini) menunjukkan dirinya sebagai pemain yang berteknik. Ia berhasil mendapatkan gol itu setelah berhasil mengelabui pemain belakang lawan, dan itu membuktikan jika dirinya memiliki kualitas yang nyata,” cetus Puel seperti yang dikutip Daily Mail.

Dan dengan hasil kemenangan ini, Southampton untuk sementara berhasil naik ke peringkat 11 dengan torehan 30 poin. Menggeser Watford yang di pertandingan lainnya dikalahkan oleh Manchester United dengan skor 2-0.

Komentar