Philipp Lahm Putuskan Gantung Sepatu pada Akhir Musim

Berita

by redaksi

Philipp Lahm Putuskan Gantung Sepatu pada Akhir Musim

Kapten Bayern Munchen, Philipp Lahm akhirnya secara resmi telah mengumumkan dirinya akan pensiun pada akhir musim 2016/2017 ini. Sebelumnya memang sudah beredar kabar bahwa pemain berusia 33 tahun ini akan pensiun di akhir musim, namun belum ada konfirmasi secara resmi.

"Saya akan mengakhiri karier di akhir musim,” ujar Lahm seperti dikutip oleh Daily Mail. "Saya telah memberitahukan kepada pihak klub terkait keputusan ini.”

“Saya bisa melanjutkan gaya kepemimpinan saya, memberikan yang terbaik setiap hari, dalam setiap latihan hingga akhir musim. Saya juga bisa terus melakukannya musim ini, tetapi tidak lebih dari itu.”

Menurut kabar yang beredar, jika nanti mantan kapten timnas Jerman ini pensiun, ia akan ditawari jabatan sebagai direktur olahraga Bayern. Posisi tersebut masih lowong sejak ditinggalkan oleh Matthias Sammer Juli 2016 lalu. Namun, sepertinya Lahm tidak terlalu tertarik untuk mengisi jabatan tersebut.

"Memang ada diskusi terkait hal itu tapi pada akhir diskusi, saya memutuskan sendiri bahwa ini bukan waktu yang tepat bagi saya," ujar Lahm seperti dikutip oleh The Guardian.

Sejak memulai karier sepakbola profesional pada 2001, Lahm terhitung cukup setia bersama Bayern. Hanya sekali saja ia memperkuat kesebelasan selain Die Roten (julukan Bayern), yaitu VfB Stuttgart. Itu pun cuma berstatus sebagai pemain pinjaman selama dua tahun.

Selama kariernya tersebut, Lahm berhasil meraih banyak gelar prestisius baik di level klub maupun tim nasional. Di level klub bersama Bayern, ia meraih beberapa gelar seperti satu gelar Liga Champions, tujuh gelar Bundesliga dan satu gelar Piala Dunia AntarKlub.

Sedangkan bersama timnas Jerman, ia berhasil memimpin rekan-rekannya meraih gelar juara dunia pada 2014 lalu di Brasil. Dan sepajang kariernya, Lahm juga berhasil menorehkan tinta emas lainnya dengan tidak pernah mendapatkan kartu merah.

Dengan pensiunnya Lahm pada akhir musim ini, sepakbola berarti akan kehilangan salah satu full-back terbaik di dunia dan seorang pemain serba bisa yang mampu bermain di banyak posisi serta tentunya sosok pemimpin yang sangat disegani oleh rekan-rekannya.

Baca juga: Xabi Alonso dan Philipp Lahm Akan Pensiun pada Akhir Musim

Foto: fcbayern.com

(gun)

Komentar