Campur Tangan Suning Grup dalam Perekrutan Bek Baru Inter Asal Australia

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Campur Tangan Suning Grup dalam Perekrutan Bek Baru Inter Asal Australia

Invasi pesepakbola Australia ke Liga Tiongkok sudah dimulai semenjak Tim Cahill bergabung dengan Shanghai Shenhua. Kemudian diikuti pemain-pemain lainnya seperti Trent Sainsbury yang bergabung dengan Jiangsu Suning dari PEC Zwolle, kesebelasan dari Eredivisie Belanda, pada 2016. Ia bergabung bersama mantan pemain-pemain berkualitas di Eropa seperti Alex Teixeira dan Ramires. Klub-klub dari Liga Tiongkok memang sedang gencar-gencarnya berburu pemain yang berkarir di Eropa.

Tapi Sainsbury justru meninggalkan Liga Tiongkok karena direkrut Internazionale Milan dalam bursa transfer Januari 2017. Sainsbury dipinjam Inter dengan durasi kontrak sampai akhir musim ini.

"FC Internazionale mengumumkan bahwa telah mencapai kesepakatan dengan Jiangsu Suning untuk mentransfer Trent Sainsbury. Bek Australia, lahir pada tahun 1992, bergabung dengan Nerazzurri hingga 30 Juni 2017," terang akun ofisial Inter seperti dikutip dari Football-Italia.

Bek tengah berusia 25 tahun itu memilih nomor 20 yang akan dikenakannya dalam balutan seragam Inter. Namun transfer ini mengundang beberapa tanda tanya, khususnya kelayakan dirinya membela Inter.

Disebutkan bahwa perekrutan Sainsbury tidak lepas dari peran pemilik klub yang juga berstatus pemilik Jiangsu. Ia juga diprediksi akan kesulitan bersaing dengan bek tengah Inter yang dimiliki saat ini, yaitu Jeison Murillo, Joao Miranda dan Marco Andreolli ditambah dengan Gary Medel yang bisa bermain sebagai bek tengah. Tapi Sainsbury sebenarnya bisa juga bermain sebagai full-back kanan. Sejauh ini, ia merupakan pemain andalan tim nasional Australia dengan tampil 21 kali serta mencetak tiga gol. Sainsbury juga pernah membawa negaranya itu menjuarai Piala Asia 2015.

Sementara untuk level klub, Sainsbury pernah membawa Central Coast Mariners juara Liga Premier Australia 2011-2012 dan Liga Championship Australia 2012-2013. Ketika memperkuat Zwolle pun ia pernah menjuarai Piala KNVB 2013/2014 dan Johan Cruijff Shield 2014. Di sisi lain, kedatangan Sainsbury dimaksudkan untuk menutupi kekosongan di sektor bek tengah setelah Andrea Ranocchia bergabung dengan Hull City atas status pinjaman sampai akhir musim ini.

Sumber lain: ESPN FC, Football Australia, Inter Official Site, SB Nation.

Komentar