Kebersamaan Lucas dan Liverpool Bisa Berakhir di Januari 2017

Berita

by redaksi

Kebersamaan Lucas dan Liverpool Bisa Berakhir di Januari 2017

Menjelang bursa transfer musim dingin, berita-berita perpindahan pemain mulai bertebaran. Yang terhangat datang dari Liga Inggris dan Liga Italia. Menurut Daily Mail, gelandang asal Brasil milik Liverpool, Lucas Leiva, kemungkinan besar akan hijrah ke kesebelasan Serie A, Internazionale Milan.

Lucas memang mulai kesulitan bermain reguler di skuat Liverpool saat ini. Bahkan ia beberapa kali harus bermain sebagai bek tengah karena ia kalah bersaing di pos favoritnya, gelandang tengah. Jika pindah ke Inter, artinya Lucas akan mengakhiri kebersamaannya bersama Liverpool yang sudah ia bela sejak 2007.

Inter dikabarkan akan meminjam Lucas per Januari 2017 dengan opsi permanen pada akhir musim. Melihat situasi Lucas di Liverpool, kans manajer Liverpool, Juergen Klopp, untuk melepasnya sangat besar karena bisa dibilang penampilan impresif Liverpool musim ini tak terlalu melibatkan kontribusi gelandang berusia 29 tahun tersebut.

Lucas sendiri sejauh ini baru bermain sebanyak delapan kali di Liga Primer, dari total 17 kesempatan bermain. Minimnya kesempatan bermain, ditambah bukan pada posisi gelandang, bisa membuatnya berpikir untuk hijrah ke Italia. Lucas bisa saja meninggalkan segala kenangan indahnya selama sembilan musim bersama Liverpool.

Lucas juga mungkin sadar, Liverpool saat ini tengah dalam masa transisi. Para pemain baru, juga pemain muda dari akademi, mulai dimunculkan oleh Klopp untuk membela panji-panji The Reds. Bagi pemain seperti Lucas yang hanya mampu menyumbangkan satu trofi Piala Liga dalam sembilan tahun bersama Liverpool, perannya mungkin akan dengan mudah digantikan oleh pemain lain.

Apalagi rentetan cedera kerap kali menghambat kariernya. Hal inilah yang membuat banyak pihak menilai jika mantan gelandang Gremio ini telah melewati masa keemasannya. Meski masih berusia 29 tahun, namanya pun mulai tak lagi dilirik oleh timnas Brasil. Terakhir kali ia berseragam selecao adalah pada 2013.

Sementara itu, Inter bisa jadi tempat yang tepat bagi Lucas untuk kembali merajut kariernya. Ia juga bisa merasakan atmosfer sepakbola Italia setelah lama berkutat dengan sepakbola Inggris. Mungkin gaya permainan Italia yang lebih lambat dari Inggris bisa cocok dengan kebugarannya yang tampaknya kurang pas dengan gegenpressing yang diusung oleh Klopp.

Sejak masih ditukangi Roberto Mancini, Lucas memang beberapa kali dikaitkan dengan Inter. Namun kepindahannya urung terjadi karena Lucas masih berusaha memperjuangkan tempatnya di skuat Liverpool musim ini yang baru saja kedatangan Georginio Wijnaldum dan Marko Grujic.

Inter sendiri menjadikan Lucas sebagai buruan utama pada Januari nanti. Namun andaikan kapten ketiga Liverpool ini memilih bertahan untuk memperjuangkan tempatnya di Merseyside Merah, Inter mempersiapkan John Obi Mikel (Chelsea) dan Luiz Gustavo (Wolfsburg) sebagai target cadangan.

Yang jelas, Inter saat ini membutuhkan gelandang pekerja keras, dan Lucas memiliki kesempatan untuk menyambut peluang tersebut agar bisa kembali memperbaiki kariernya yang mulai tersendat pada musim ini. Maukah ke Italia, Lucas?

Komentar