Pertandingan Boxing Day Pertama Pep Guardiola

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pertandingan Boxing Day Pertama Pep Guardiola

Manchester City akan kembali menjalani laga Boxing Day pada musim 2016/2017. Dalam laga yang digelar sehari setelah Natal ini, khusus pada musim 2016/2017 ada warna baru yang dibawa oleh The Citizens. Hal itu tak lain adalah sosok sang manajer, Pep Guardiola.

Untuk kali pertama, Pep merasakan atmosfer Boxing Day, sesuatu yang tidak ia rasakan ketika menangani Barcelona maupun Bayern München. Ini akan menjadi pengalaman pertama Pep menjalani Boxing Day. Meski ini adalah kali pertama, Pep tidak perlu khawatir karena rekor City dalam laga Boxing Day tidaklah terlalu buruk.

Dalam sembilan laga Boxing Day yang sudah City jalani, mereka sukses mencatatkan tujuh kemenangan, sekali seri, dan sekali kalah. Satu kekalahan yang mereka dapat itu terjadi ketika City dijamu Sunderland pada musim 2012/2013. Saat itu City kalah dengan skor 0-1.

Mereka juga memasuki Boxing Day musim 2016/2017 ini dengan kepercayaan diri yang tinggi. Setelah sempat menuai hasil buruk, mereka sukses meraih kemenangan dalam dua laga terakhir, termasuk ketika mengalahkan Arsenal dengan skor 2-1 di Stadion Etihad. Rekor tandang mereka pun cukup baik, yaitu dengan meraih enam dari delapan laga tandang, lebih banyak dari total kemenangan tandang yang mereka raih pada musim 2015/2016.

Tapi meski memiliki rekor yang baik dalam Boxing Day, City pun harus tetap waspada. Selain karena manajer mereka baru merasakan atmosfer Boxing Day per musim 2016/2017, rekor-rekor pribadi yang Pep torehkan sebagai manajer pun mengalami penurunan daripada musim-musim sebelumnya.

Ketika pertama kali menangani Barca, Pep memasuki Natal bersama Barca di posisi pertama dengan 14 kemenangan, dua kali imbang, dan sekali kalah. Sedangkan saat pertama kali menangani Bayern, Pep memasuki Natal di posisi pertama dengan 15 kemenangan dan dua kali kalah. Sedangkan musim 2016/2017, Pep memasuki Natal berada di peringkat ketiga, selisih tujuh poin dengan Chelsea dengan catatan 11 kemenangan, tiga kali imbang dan tiga kali kalah.

Ini ditambah dengan rekor Hull City yang tak kalah bagusnya ketika Boxing Day. Mereka sukses memenangi dua laga Boxing Day pada dua musim ke belakang. Kemenangan pada musim 2015/2016 sukses mereka catatkan atas Burnley dengan skor 3-0 dalam ajang Divisi Championship. Sedangkan pada musim 2014/2015, mereka berhasil memenangkan laga Boxing Day melawan Sunderland dengan skor 3-1.

Posisi City sekarang ketika memasuki Boxing Day pun sama dengan posisi City ketika memasuki Boxing Day pada musim 2015/2016. Ketika itu mereka berada di posisi ketiga dengan raihan 32 poin. Pada akhir musim, mereka hanya duduk di peringkat keempat, kalah bersaing dengan Leicester City, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

Dengan segala catatan impresif Hull selama ajang Boxing Day, serta posisi City yang masih sepenuhnya belum aman, maka City harus waspada. Tergelincir di sini, bukan tidak mungkin gelar juara akan menjauh dari genggaman mereka, karena lazimnya Boxing Day bisa menjadi saat kebangkitan ataupun kejatuhan sebuah tim.

Komentar