Neuer Anggap Dortmund Masih Pesaing Kuat Juara Bundesliga

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Neuer Anggap Dortmund Masih Pesaing Kuat Juara Bundesliga

Borussia Dortmund gagal memutus rekor Hoffenheim sebagai salah satu kesebelasan yang belum pernah kalah sejauh musim ini. Dortmund cuma mampu bermain imbang dengan tuan rumah Hoffenheim dengan skor 2-2 di Rhein-Neckar Arena, Sabtu (17/12). Hasil imbang itu memperpanjang puasa kemenangan Dortmund dari tiga pertandingan terakhir di seluruh ajang yang diikutinya. Hasil itu membuat Dortmund tidak beranjak dari posisi lima klasemen sementara Bundesliga 2016/2017.

Padahal, Dortmund adalah runner-up musim lalu. Tapi sekarang, mereka baru mengoleksi 26 poin dari 15 pertandingan. Kini mereka tertinggal 10 poin dari Bayern Muenchen yang memimpin klasemen. Dortmund juga tertinggal satu poin dari Hoffenheim yang menempati peringkat empat. Tentunya Dortmund harus kembali konsisten kepada kemenangan agar setidaknya kembali menempati peringkat dua. Bahkan lebih bagus jika kesebelasan berjuluk Die Borussen itu mejuarai La Liga 2016/2017.

Kemenangan yang harus diraih itu wajib diraih ketika menjamu Augsburg di Stadion Signal Iduna Park, Rabu (21/12) dini hari. Dortmund juga tidak bisa sembarangan kendati berstatus tuan rumah. Sebab Augsburg baru saja bangkit setelah mengalahkan Borussia M`Gladbach pada pekan lalu dengan skor 1-0. Padahal, Augsburg sudah empat pertandingan tidak merasakan kemenangan.

Seharusnya, laga nanti pun menjadi kebangkitan bagi Dortmund. Sebab para pemain-pemain mereka baru menikmati prestasi secara individual. Pierre-Emerick Aubameyang misalnya. Gol penyelamat dari kekalahan ketika melawan Hoffenheim merupakan gol ke-100 untuk Dortmund. Ketika mengimbangi Hoffenheim juga tidak melupakan jasa Ousmane Dembele yang menyumbangkan dua asis.

Dortmund masih memiliki pemain-pemain kuat yang lainnya untuk menemukan kebangkitannya. Kedua pemain itu belum dihitung dengan keberadaan Marcos Reus, Mario Gotze, Raphael Guerreiro, Roman Weidenfeller dan lainnya.

Atas alasan ini, kiper Bayern Muenchen yang menempati peringkat pertama, Manuel Neuer, tidak menganggap Dortmund sudah keluar dari persaingan juara Bundesliga 2016/2017. Kendati kesebelasan yang memepet mereka di papan atas adalah RB Leipzig di peringkat dua dengan raihan poin yang sama.

"Saya tidak berpikir RB Leipzig bisa siap seperti apa yang dilakukan Dortmund di masa lalu, di tiga atau empat tahun lalu. Dortmund tetaplah rival kami dalam waktu yang panjang," ujar Neuer seperti dikutip dari Kicker.

Memang Bundesliga masih memiliki waktu panjang. Dortmund wajib bangkit dengan mengalahkan Augsburg jika ingin kembali ke empat besar dan menempel Muenchen. Hanya saja Dortmund tidak bisa diperkuat Roma Burki, Neven Subotic, Nuri Sahin karena cedera. Dan terbaru ini, Dembele yang tampil gemilang pada laga sebelumnya mendapatkan cedera ringan. Reus pun tidak bisa diturunkan karena kartu merah yang didapatkan ketika menghadapi Hoffenheim.

Sumber lain: Bleacher Reports, Goal.

Komentar