Jika Indonesia Juara, Maka Saya Akan . . .

Berita

by redaksi

Jika Indonesia Juara, Maka Saya Akan . . .

Walau pada leg kedua babak final Piala AFF 2016 nanti Indonesia akan menghadapi Thailand yang ditakuti banyak kesebelasan Asia Tenggara, sedikit berangan-angan dan bernazar jika Indonesia juara dan berpesta di Rajamangala tidak ada salahnya bukan?

Selayaknya para suporter lain yang timnya masuk final (meski tidak semua), para suporter sudah beramai-ramai akan melakukan sesuatu jika kelak timnya menang dalam babak final dan menjadi juara. Ini lazim disebut sebagai nazar. Nazar akan menjadi wajib hukumnya jika apa yang kita harapkan benar-benar terjadi, dan apa yang kita nazarkan harus dilakukan.

Ridwan Kamil, walikota Bandung, pernah bernazar bahwa ia akan mencukur habis rambutnya jika Persib menjadi juara Liga Super Indonesia 2014. Lalu ketika hasil babak final antara Persib dan Persipura menelurkan Persib sebagai juara Liga Super Indonesia, Ridwan pun menjalankan nazarnya. Ia mencukur habis rambutnya disaksikan oleh puluhan bobotoh yang memadati Pendopo Kota Bandung di Jalan Dalem Kaum.

Seorang teman saya pun pernah bernazar bahwa ia akan berhenti merokok jika timnas Portugal menjuarai Piala Eropa 2016. Setelah Portugal keluar sebagai juara, ia pun melaksanakan nazarnya tersebut. Total sampai sekarang, ia sudah enam bulan berhenti merokok.

Jelang laga final leg kedua final Piala AFF 2016, para suporter Indonesia pun banyak yang bernazar, sekaligus berangan-angan tentang apa yang akan dilakukan jika timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF untuk yang pertama kalinya. Dua suporter yang ditemui tim redaksi PanditFootball di Eundeus Cafe, yang berlokasi di Jalan Hasanuddin no. 28, Bandung usai menonton laga leg kedua semifinal Indonesia melawan Vietnam, memiliki nazarnya masing-masing jika Indonesia menjadi juara Piala AFF 2016.

"Kalau nanti Indonesia juara, saya akan tambah tato di tubuh saya, hehehehe," ujar Ilham, salah satu suporter yang datang bersama pasangannya ke Eundeus untuk nonton bareng leg kedua semifinal Piala AFF ketika itu.

"Kalau Indonesia juara, saya bakal bagi-bagi hadiah yang banyak. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih secara langsung kepada para pemain timnas karena sudah membuat harum nama Indonesia," ujar Ari, salah satu suporter Indonesia yang kebetulan juga bertugas sebagai panitia nobar di Eundeus.

Selain Ilham dan Ari, suporter-suporter yang lain pun memiliki nazarnya masing-masing jika Indonesia menjadi juara. Berikut adalah nazar-nazar dari para suporter yang dirangkum oleh tim redaksi PanditFootball.

Apa nazar Anda jika timnas Indonesia juara? Dan bagi yang sudah bernazar, jangan lupa dilakukan ketika Indonesia juara ya!

(sf)

Komentar