Guardiola Masih Membutuhkan Waktu untuk Beradaptasi dengan Liga Inggris

Berita

by Redaksi 27

Redaksi 27

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Guardiola Masih Membutuhkan Waktu untuk Beradaptasi dengan Liga Inggris

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, menepis semua anggapan tentang buruknya penampilan City di bawah asuhannya. Ia malah beranggapan bahwa permainan Manchester City pada saat ini lebih baik daripada permainan Barcelona maupun Bayern Munich di bawah asuhannya.

Guardiola tidak khawatir dengan performa lini belakang City yang bermain buruk sehingga menyebabkan mereka tidak pernah mendapatkan clean sheet dalam 15 pertandingan musim ini. Ia juga menepis anggapan bahwa kesebelasannya mempunyai masalah kedisiplinan. Sepanjang musim ini sudah ada lima kartu merah dan 39 kartu kuning yang diterima oleh para pemain City di semua kompetisi.

Guardiola terlihat tersinggung ketika ditanyai oleh para wartawan terkait pertandingan melawan Chelsea. “Refleksi seperti apa yang kalian inginkan?” ujarnya seperti yang dilansir oleh Independent.ie.

Ia kembali terlihat tidak senang ketika ditanyai siapa yang bertanggung jawab atas dua kartu merah.

“Para pemain,” jawabnya.

“Tetapi semua yang terjadi? Apa pemicunya?” seorang wartawan menimpalinya.

“Para pemain.”

“Hanya mereka?”

“Fans… Kalian… Saya.”

Guardiola juga menambahkan bahwa filosofi bermain yang diterapkannya masih membutuhkan waktu agar dapat sempurna di Liga Inggris.

“Untuk menjadi master dalam kemampuan menyerang dengan 10 pemain dan tidak kebobolan dari serangan balik, kamu membutuhkan waktu.” Ujarnya.

“Memang lebih untuk kembali bertahan dan berlari ke depan 40 meter, tetapi saya telah melakukan ini sepanjang karir saya (tidak akan berubah sekarang). Menyerang pada ruang yang kecil dan bertahan pada ruang yang lebih besar. Untuk itu kamu membutuhkan waktu tetapi yakinlah ketika kamu mampu melakukan itu, kamu akan lebih atraktif dan lebih aman. Tetapi tentu saja kita membutuhkan waktu.”

Selanjutnya pada konferensi pers menjelang laga Liga Champions melawan Glasgow Celtic, Guardiola juga mengatakan bahwa ia masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan Liga Inggris oleh Heral.ie

“Setelah melawan Crystal Palace dan Burnley saya sedikit khawatir, saya berpikir jika kami bermain seperti ini, kami tidak akan beranjak ke mana pun.”

“Tetapi saya tahu saya harus beradaptasi dengan sepakbola anda. Maaf teman, saya butuh waktu.”

“Tetapi cara kami bermain, (sudah) baik selama saya di sini. Kami bermain baik, lebih cepat daripada di Munich dan bahkan di Barcelona. Ketika kami memiliki satu pemain luar biasa yang membantu kami menciptakan review dari langkah-langkah tersebut.”

“Kami kalah melawan Chelsea, tetapi kami harus terus melangkah dan bermain dengan cara bermain kami, menciptakan banyak peluang dan sedikit kebobolan. Sekarang saya bahagia dan setengah jam kemudian, ketika saya telah di rumah setelah pertandingan melawan Chelsea, Saya katakan pada diri sendiri, musim ini akan menjadi baik.”

Guardiola menambahkan, “Saya tidak membagi sepak bola dalam penyerangan dan pertahanan. Sepak bola adalah tentang transisi berkelanjutan, ketika kamu menyerang dengan baik, kamu bertahan dengan baik juga.”

“Ini bukan tentang penyerang yang hanya fokus pada serangan dan bek hanya fokus pada bertahan. Saya tidak berpikir seperti itu.”

Ketika ditanyai tentang masalah kedisiplinan kesebelasannya, Guardiola menjawab, “kami adalah tim dengan penguasaan bola terbaik dan kartu merah terbanyak."

Jadi, mari kita tunggu saja apakah Manchester City di bawah asuhan Guardiola akan semakin membaik atau tidak jika kesempurnaan filosofi bermain dan waktu yang diinginkan oleh Guardiola telah terpenuhi.

foto : teamtalk.com

Komentar