Harga Jual Moussa Dembele Terlalu Berlebihan

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Harga Jual Moussa Dembele Terlalu Berlebihan

Ralph Hasenhuettl, Pelatih RB Leipzig, diisukan menjadi salah satu calon Manajer Arsenal jika Arsene Wenger lengser. Ralph memang sedang fenomenal saat ini karena membawa Leipzig menjadi pemimpin klasemen sementara Bundesliga 2016/2017. Ia juga merupakan pelatih yang memercayai pemain-pemain muda di kesebelasannya. Maka dari itu Ralph mengincar Moussa Dembele, penyerang Celtic FC yang masih berusia 20 tahun.

Leipizig mengincar Dembele karena mengantisipasi Timo Werner yang semakin dekat dengan Bayern Muenchen. Klub itu juga akan bersaing dengan Muenchen, Arsenal, Everton, Manchester United, Napoli, Tottenham Hotspur dan lainnya. Bahkan United sempat mengirimkan pencari bakat ketika Dembele membela Prancis U-21 menghadapi Inggris U-21.

Pada Januari 2016 pun Dembele sempat hampir bergabung dengan Tottenham untuk menjadi pelapis Harry Kane. Tapi Dembele justru bergabung dengan Celtic pada bursa transfer musim panas 2016. Pada waktu itu Dembele memikat banyak kesebelasan besar atas 15 gol untuk Fulham di Championship 2015/2016.

Tapi ketika itu ia lebih memilih bergabung bersama Celtic. Keputusannya itu membuat Dembele disebut-sebut telah mengambil risiko karena meninggalkan Liga Inggris untuk Liga Skotlandia. Namun Dembele mengatakan bahwa ia telah memikirkannya matang-matang.

"Saya sudah berpikir tentang langkah ini sejak Januari (2016), tapi saya punya beberapa pilihan lain. Saya mengambil waktu saya dan melihat semua pilihan. Dan Celtic datang," ujarnya seperti dikutip dari Daily Record.

Leipzig bisa saja mendapatkan jasa pemain bernomor punggung 10 tersebut. Salah satu syaratnya adalah memastikan diri tampil di Liga Champions musim depan. Sebab Dembele hanya ingin bermain di kesebelasan yang tampil di kompetisi tersebut.

"Dia mencintai klub ini. Klub ini adalah klub besar. Semua orang mengidolakannya di sini. Anda memiliki Liga Champions," ujar Brendan Rodgers, Manajer Celtic.

Kesulitan lain untuk mendapatkan Dembele adalah kesukaran klub untuk melepasnya. Bahkan pihak Celtic menganggap jika pemainnya itu layak dihargai lebih dari 20 atau 30 juta, bahkan 100 juta poundsterling. Harga-harga itu memang dianggap berlebihan. Padahal Celtic cuma merogoh 500 ribu poundsterling untuk membeli Dembele dari Fulham.

"Yang kami lakukan adalah untuk membayar akibat-akibat kompensasi. Kami membayar agen seperti yang biasa dilakukan, dan kami punya kontrak kerja dengan pemain. Itu dia. Jadi, kalau ada yang menawarkan uang untuk Dembele, tunduklah kepada kontrak kerja," ujar Peter Lawwell, CEO Celtic, seperti yang dikutip Daily Mail.

Tapi apa yang dicapai Dembele sejauh ini dengan Celtic cukup luar biasa. Ia menjadi penyerang tajam di antara pemain-pemain di bawah usia 21 tahun. Jebolan akademi Paris Saint-Germain (PSG) itu menunjukkan telah menjadi penyerang yang bermanfaat. Sebanyak tujuh gol berhasil dijaringkan dari 13 laganya bersama Celtic.

Jika Dembele dijual dengan harga mahal, ia bisa menjadi simbol dari pentingnya transfer yang menguntungkan secara finansial bagi Celtic. Kesebelasan besar lainnya akan memberikan ruang untuk tumbuh sebagai pemain sepakbola. Tapi Dembele belum tentu menerima perlakukan yang sama seperti di Celtic.

Sumber lain: Daily Record, Mirror, The Sun.

Komentar