Gol Andik Masuk Daftar 10 Gol Terbaik Fase Grup Piala AFF 2016

Berita

by Redaksi 26

Redaksi 26

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Gol Andik Masuk Daftar 10 Gol Terbaik Fase Grup Piala AFF 2016

Piala AFF 2016 telah memasuki babak semifinal. Dari Grup A, Thailand didampingi oleh Indonesia. Sedangkan dari Grup B, Vietnam melaju bersama Myanmar. Leg pertama semifinal sendiri akan digelar pada 3 dan 4 Desember 2016.

Di fase grup, jika ditotalkan, telah terjadi 32 gol dari 24 laga. Dari 32 gol tadi, mustahil jika tidak ada satu gol pun yang cukup mengagumkan atau tercipta melalui proses yang cukup cantik. Pihak AFF sendiri telah merilis 10 gol terbaik yang terjadi di babak fase grup.

Indonesia pun patut untuk berbangga. Karena dari enam gol yang berhasil diciptakan, di sana terselip satu gol yang dipilih menjadi salah satu dari sepuluh gol terbaik. Gol tersebut dicetak Andik Vermansah ke gawang Singapura di laga terakhir grup A.

Gol yang ia ciptakan ke gawang Singapura memang tidak perlu diperdebatkan lagi kecantikannya. Menerima umpan silang yang dilepaskan Rizky Pora dari sisi kiri, Andik berlari memasuki kotak penalti, ia pun langsung melepaskan tembakan first time yang menghujam ke gawang Hassan Sunny.

Saat ini, Andik mungkin boleh berlega hati karena AFF lebih jeli dalam memilih 10 gol terbaik yang terjadi. Berbeda dengan Piala AFF pada tahun 2012 lalu, gol spektakuler Andik, yang juga terjadi ke gawang Singapura, justru luput dari perhatian AFF. Tak ayal, hal ini sempat menjadi perdebatan. Kolom komentar di akun youtube AFF pun dipenuhi caci maki dari para pendukung Indonesia yang kecewa dan tidak dapat menerima.

Sejauh ini Andik sudah bermain sebanyak 14 kali bersama timnas Senior. Debutnya terjadi ketika Indonesia menghadapi Vietnam di Piala AFF 2012 silam. Dari 14 laganya, Andik baru membukukan dua gol untuk timnas, uniknya, kedua gol itu terjadi ke gawang Singapura.

Selain gol Andik, gol-gol cantik lain pun masuk dalam gol terbaik versi AFF tersebut. Beberapa gol yang bersarang ke gawang Indonesia pun terpilih, seperti gol Khairul Amri (Singapura), Phil Younghusband (Filipina) dan Teerasil Dangda (Thailand). Ada juga gol spektakuler yang diciptakan gelandang Kamboja, Chererng Polroth. Untuk selengkapnya, simak video di bawah ini:

(frz)

Komentar