Roma Pincang, Momentum Bagi Lazio Menangi Derby

Berita

by Redaksi 27

Redaksi 27

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Roma Pincang, Momentum Bagi Lazio Menangi Derby

Minggu, 4 Desember 2016, sebuah pertandingan menarik akan terjadi di stadion Olimpico Roma. Pertandingan yang bertajuk Derby Della Capitale ini akan mempertemukan dua tim ibukota Italia yaitu AS Roma dan Lazio. Pada pertemuan pertama musim 2016/2017 ini, Lazio akan bertindak sebagai tuan rumah terlebih dahulu.

Derby della Capitale minggu besok merupakan derby yang ke-181 bagi keduanya di semua kompetisi. Catatan pertemuan kedua kesebelasan sendiri terbagi dalam kemenangan Roma 67 kali, Lazio 50 kali dan sisanya berakhir imbang. Roma tampil lebih superior.

Rekor buruk Lazio diperparah dengan fakta bahwa mereka tidak pernah menang melawan Roma dalam enam pertemuan terakhir. Kemenangan terakhir Lazio pada Derby della Capitale ini diraih pada final Coppa Italia, 26 Mei 2013.

Pada pertemuan ke-181 ini menjadi kesempatan yang bagus untuk Lazio memperbaiki rekornya. Hal ini dikarenakan kondisi Roma menjelang derby ini sedikit pincang.

Menjelang derby ini, kabar buruk menimpa kubu Roma. Salah satu pemain andalannya musim ini, Mohamed Salah, tidak dapat bermain pada Derby della Capitale. Seperti yang dilaporkan oleh Sky Sports, Salah mengalami cedera engkel karena berbenturan dengan rekannya sendiri, Thomas Vermaelen, pada saat latihan.

Melalui laman resminya, Roma juga telah memberikan pernyataan terkait cedera yang dialami oleh Salah.

“Mohamed Salah telah menjalani pemeriksaan pada hari Kamis yang mengungkapkan kerusakan pada ligamen eksterior pergelangan kaki kanannya, juga memengaruhi bagian depan dan lateral otot dan tendon.”

“Pada hari Jumat sang pemain akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan rencana pengobatan yang tepat dan waktu pemulihan yang diharapkan.”

Cederanya Salah tentu menjadi kerugian besar bagi Roma, karena kontribusi Salah musim ini sangat luar biasa. Dari 14 penampilannya, ia berkontribusi terhadap 12 gol yang telah dibukukan Roma di Serie A, dengan rincian delapan gol dan empat asis (via whoscored).

Selain Salah, menjelang derby ini juga Roma harus kehilangan Leonardo Paredes yang mengalami cedera engkel kirinya dan harus beristirahat sekitar dua atau tiga pekan. Cedera ini didapatkannya pekan lalu ketika Roma mengalahkan Pescara pada giornata 14 Serie A.

Cederanya Salah dan Paredes menambah daftar panjang pemain Roma yang mengalami cedera. Sebelumnya Roma telah kehilangan Alessandro Florenzi, Stephan El Shaarawy dan Kostas Manolas.

Sedangkan di kubu Lazio, mereka juga masih harus tampil tanpa dua pemain andalan di lini belakang, Stefan De Vrij dan Federico Marchetti, yang masih belum pulih dari cedera yang mereka alami. Ditambah lagi dengan cedera yang dialami oleh Jordan Lukaku beberapa hari yang lalu.

Tetapi cedera pemain yang dialami Lazio tidak terlalu berpengaruh terhadap performa mereka di lapangan. Lazio tetap berhasil meraih hasil positif dengan tidak pernah mengalami kekalahan sejak ditinggal oleh tiga pemain tersebut.

Patut kita nantikan apakah Lazio berhasil memanfaatkan kepincangan yang dialami Roma untuk meraih kemenangan pertama mereka atas Roma dalam tiga tahun terakhir sekaligus melangkahi Roma. Atau malah Roma yang akan tetap melanjutkan tren tidak terkalahkan mereka dari Lazio.

Mari kita tunggu jawabannya pada derby Della Capitale ke-181 Lazio vs Roma, Minggu 4 Desember 2016.

foto: espnfc.com

Komentar