Kembali ke Arsenal, Kembali Merumput, Kembali Cedera....

Berita

by Redaksi 26

Redaksi 26

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kembali ke Arsenal, Kembali Merumput, Kembali Cedera....

Butuh waktu lebih dari satu tahun bagi Mathieu Debuchy untuk merasakan kembali hijaunya rumput Emirates Stadium. Terakhir kali dirinya bermain bersama Arsenal adalah ketika ia diturunkan oleh Arsene Wenger menghadapi Dinamo Zagreb di ajang Liga Champions pada tanggal 24 November 2015. Di laga yang berkesudahan dengan skor 3-0 untuk kemenangan Arsenal itu, Debuchy turun sebagai pemain pengganti dan hanya bermain selama 8 menit.

Kondisinya yang rentan cedera serta konsistennya performa Hector Bellerin di pos bek kanan Arsenal memang membuat Debuchy lebih banyak duduk di bangku cadangan. Hingga akhirnya Debuchy pun dipinjamkan ke Girondins Bordeaux pada Januari 2016.

Bersama Bordeaux, Debuchy langsung mendapatkan tempat inti di posisi bek kanan. Debutnya bersama Les Girondins didapatkan ketika bertandang ke Parc Olympique Lyonnais, markas Olympique Lyon. Namun sayang, sepasang gol dari Alexandre Lacazette dan satu gol Aldo Kalulu menodai pertandingan pertamanya itu. Bordeaux pun terjungkal tiga gol tanpa balas.

Setelah selalu bermain di empat partai sebelumnya, petaka kembali menghampiri Debuchy. Ia mengalami cedera otot dalam sesi latihan sebelum menghadapi Reims. Hal itu memaksanya harus absen selama dua bulan.

Debuchy kembali bermain ketika Bordeaux bertandang ke markas Olympique Marseille. Pada pertandingan itu ia turun sejak menit pertama sebelum digantikan di 10 menit terakhir pertandingan usai. Di lima pertandingan berikutnya, Debuchy selalu bermain penuh, termasuk ketika sukses menahan Paris Saint-Germain 1-1.

Petaka lagi-lagi menghantui Debuchy, walau sanggup menyelesaikan pertandingan di laga melawan PSG, namun Debuchy mengeluhkan rasa sakit di pahanya. Setelah melakukan rangkaian tes medis, Debuchy pun divonis mengalami cedera hamstring dan akan absen selama beberapa bulan, yang artinya ia akan melewatkan pagelaran akbar yang dihelat di negaranya, yaitu Piala Eropa.

Kembali ke Arsenal

Cedera yang dialami Debuchy membuat Girondins Bordeaux urung untuk mempermanenkan statusnya. Setelah menyelesaikan masa peminjamannya, Debuchy pun harus kembali ke Arsenal, dengan keadaan cedera yang cukup parah. Debuchy pun harus menjalani hari-harinya di meja perawatan dan hanya bisa menyemangati rekan-rekannya dari layar kaca atau bangku penonton.

Sial bagi Arsenal, di saat Debuchy belum juga pulih, mereka harus kehilangan Hector Bellerin yang mengalami cedera engkel setelah ditekel dengan keras oleh Dany Rosse ketika Arsenal menjamu Tottenham di Emirates Stadium. Bellerin pun harus absen selama dua bulan, dan terpaksa Arsene Wenger harus menurunkan Carl Jenkinson ketika bertandang ke Old Trafford.

Kembali Merumput, Kembali Cedera

Tidak puas dengan performa yang ditunjukkan oleh Carl Jenkinson di pertandingan melawan Manchester United, Arsene Wenger pun melakukan perjudian ketika Arsenal menjamu Bornomeuth. Dengan berani Wenger menurunkan Mathieu Debuchy sejak menit pertama.

Apes bagi Debuchy, hanya 16 menit berada di atas lapangan, ia harus kembali merasakan sakit pada hamstringnya. Arsene Wenger yang tidak mencatumkan bek kanan pelapis terpaksa harus mengganti Debuchy dengan Gabriel Paulista yang notabenenya seorang bek tengah. Beruntung, Gabriel bermain apik di laga yang berkesudahan 3-1 untuk kemenangan Arsenal itu.

Selepas laga, kegundahan terlihat di wajah Wenger, ia mengungkapkan kekhawatiran mengenai cedera yang melanda Debuchy.

“Debuchy berpikir itu sesuatu yang parah, tapi jangan berpikiran terlalu jauh, saya harus berbicara kepada orang-orang medis terlebih dahulu, pemeriksaan akan dilakukan pekan depan untuk mengetahui sejauh mana masalah yang dideritanya”.

“Debuchy memang mengalami banyak kemunduran, sehingga saya bisa membayangkan sesuatu yang terjadi pada dirinya ketika saya memasukannya ke dalam skuad”.

Akibat cedera yang kembali dialaminya ini, Debuchy diprediksi bakal kembali absen dalam waktu yang cukup lama. Absennya Debuchy pun menambah kembali daftar pemain Arsenal yang saat ini mengalami cedera. Pasalnya, Arsenal telah kehilangan Danny Welbeck, Santi Cazorla, Hector Bellerin, dan Per Mertesacker yang hingga saat ini belum menunjukkan tanda-tanda kepulihannya.

foto: goal.com

Komentar