Pengaruh Lapangan dan Cuaca di Latihan atau Pertandingan Timnas Indonesia

Berita

by redaksi

Pengaruh Lapangan dan Cuaca di Latihan atau Pertandingan Timnas Indonesia

Tim nasional Indonesia akan mengirimkan 23 pemainnya menuju Piala AFF 2016 di Filipina (babak penyisihan grup A). Namun selain ke-23 pemain, ada banyak orang lagi di balik timnas kita yang akan bertanding mulai 19 November nanti di Phillipine Sports Stadium.

Tepatnya ada 12 staf (backroom staff) timnas Indonesia yang akan mengawal 23 pemain nantinya, di antaranya menjabat sebagai pelatih kepala (Alfred Riedl), asisten pelatih, manajer, pelatih penjaga gawang, dokter tim, fisioterapis, pemijat (masseur), staf admininstrasi, dan pembantu umum (kit man).

Tempat pemusatan latihan timnas menuju Piala AFF 2016 terletak di daerah Karawaci, Tangerang, Banten. Lapangan yang dipakai adalah lapangan milik Universitas Pelita Harapan (UPH), dengan penginapan yang jaraknya hanya 1,3 km, atau sekitar 17 menit jika berjalan kaki.

“Lapangan UPH bagus, cakep sekali,” kata Dr. Syari Alwi, dokter timnas Indonesia, mengomentari lapangan tempat latihan timnas. “Saya cuma kasih saran [soal lapangan], tapi decision making ada di pelatih [kepala]. Dia (Riedl) pilih lapangan di sini karena cuma lapangan di sini yang bagus,” lanjutnya.

Dr. Alwi juga berbicara mengenai kasus cedera pemain yang kebanyakan disebabkan permukaan lapangan yang tidak rata alih-alih karena kontak fisik. Inilah yang menjadikan pemilihan lapangan latihan menjadi penting.

Pelatih penjaga gawang timnas Indonesia, Gatot Prasetyo, juga menambahkan soal lapangan. “Di sini [UPH] adalah permintaan [Alfred] Riedl. Lapangannya dikelola secara baik dan profesional,” kata mantan penjaga gawang Persib Bandung tersebut.

“Setelah pertandingan [latihan], rumput lapangan selalu ditata kembali dan dipadatkan,” lanjutnya.

Indonesia menerapkan latihan dengan menu 2-1-2-1, artinya dua kali latihan dalam satu hari (pagi dan sore), besoknya satu kali (pagi) saja, besoknya lagi dua kali latihan dalam satu hari, dan seterusnya. Hal ini dilakukan agar ada waktu bagi para pemain untuk pemulihan dan menjaga tingkat kebugaran mereka.

Timnas Indonesia akan berangkat ke Filipina pada Hari Kamis, 17 November 2016. Ini artinya mereka masih memiliki dua hari lagi untuk berlatih.

Latihan hari ini (Senin, 14 November 2016) hanya dilakukan satu kali yaitu pada pagi hari. Sementara besok akan dilakukan dua kali latihan, dan Hari Rabu (16 November 2016) pemain akan diistirahatkan sebelum berangkat dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

Mengomentari calon lawan-lawan Indonesia di babak grup nanti, Gatot berkomentar bahwa Thailand akan menjadi lawan tersulit nantinya. “Dari Thailand, Singapura, dan tuan rumah Filipina, juara bertahan [Thailand] yang pasti susah,” kata Gatot.

Ia juga menambahkan jika faktor cuaca tidak terlalu berpengaruh. Terus diguyur hujan di Karawaci, Filipina juga bernasib sama dengan sudah 10 hari berturut-turut diguyur hujan. Jadi bisa dipastikan gelaran Piala AFF nanti akan diwarnai oleh hujan di hampir setiap pertandingannya.

Baca juga: Pengaruh Cuaca Terhadap Pertandingan Sepakbola

(dex)

Komentar