Arsenal Ingin Mengubah Stigma November yang Membawa Sial

Berita

by redaksi

Arsenal Ingin Mengubah Stigma November yang Membawa Sial

Percaya atau tidak, ada satu bulan yang paling ditakutkan oleh Arsenal. Bulan tersebut adalah November. Sebelum membahas ada apa dengan Arsenal dan November, mari kita lihat sejenak penampilan mereka sampai sejauh ini di 2016/17. The Gunners musim ini bisa dibilang adalah kesebelasan yang sedang dalam penampilan terbaik mereka di seantero Eropa.

Kesebelasan asuhan Arsène Wenger ini belum merasakan satu kekalahan pun setelah pertandingan pembuka Liga Primer Inggris menghadapi Liverpool. Pada awal pekan ke-11 ini, mereka bertengger di peringkat kedua di klasemen Liga Primer di bawah Manchester City. Arsenal hanya ketinggalan selisih gol.

Setelah berhasil menang melawan Ludogorets Razgrad di awal bulan ini, ada lawan-lawan berat yang menanti mereka sepanjang sisa November: Tottenham Hotspur (Kandang), Manchester United (Tandang), Paris Saint-Germain (K), AFC Bournemouth (K), dan Southampton (K).

Melihat lawan-lawan di atas, Arsenal sebenarnya berpeluang meraih poin yang lebih baik dibanding pada November musim lalu. Sepanjang November 2015, Arsenal hanya mampu meraih rata-rata 0,67 poin dari setiap pertandingan Liga Primer.

Padahal musim lalu sebenarnya mereka memiliki lawan-lawan yang relatif tidak berat. Diawali dengan melawan Spurs di kandang yang berakhir imbang 1-1, Arsenal tidak berhasil menang dalam dua pertandingan sisanya, yaitu kalah 2-1 dari West Bromwich Albion (T) dan imbang 1-1 menghadapi Norwich City (T).

Rataan poin musim lalu adalah rataan poin yang lebih buruk lagi daripada musim sebelumnya. Pada November 2014 mereka mampu meraih rata-rata 1,5 poin per pertandingan di Liga Primer.

Selengkapnya: Kumpulan Catatan Bulan November Arsène Wenger (1996-2015)

Apakah Arsenal dan para pendukungnya bisa berharap ada hal berbeda pada November 2016 ini?

Jika percaya kalau sejarah cenderung berulang, maka sebaiknya Arsenal bersiap-siap kecewa. Namun, setidaknya awal November 2016 sudah dilalui Arsenal dengan kemenangan. Meskipun mereka hampir kalah di mana Arsenal sempat tertinggal dua gol setelah 15 menit, akhirnya kesebelasan asal London ini mampu menang melawan tuan rumah Ludogorets di Liga Champions UEFA tengah pekan yang baru saja berlalu (2 November 2016, 02:45 WIB).

Tiga gol yang dicatatkan masing-masing oleh Granit Xhaka, Olivier Giroud, dan Mesut Ozil ke gawang Ludogorets pada awal bulan ini, 2 November 2016, diharapkan bisa mengubah nasib sial Arsenal di November 2016.

Lawan kedua mereka di Bulan November 2016 adalah déjà vu dari November 2015, yaitu Spurs. Arsenal bisa dibilang beruntung bertemu Spurs di awal November ini, karena kesebelasan asuhan Mauricio Pochettino tersebut sedang dalam penampilan yang tidak meyakinkan, 3 kali imbang dan 2 kali kalah di lima pertandingan terakhir mereka.

Baca juga: November yang (Selalu) Tidak Ramah kepada Arsenal

Harus berhadapan dengan Spurs di Derby London Utara dan dengan kondisi tersebut – Spurs yang sedang sial dan Arsenal yang hampir selalu ketiban sial di November – Arsenal pastinya ingin melupakan sejarah mereka yang hampir selalu tidak berjodoh dengan November.

(dex)

Komentar