Kenapa Mkhitaryan Masih Belum Dimainkan Juga, Mou?

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kenapa Mkhitaryan Masih Belum Dimainkan Juga, Mou?

Henrikh Mkhitaryan didatangkan oleh manajemen Manchester United dari Dortmund bukan tanpa alasan. Catatan apiknya ketika masih berseragam Dortmund (23 gol dan 32 asis) membuat Miki akhirnya diboyong oleh United ke Old Trafford pada awal musim 2016/2017.

Namun selepas Manchester derby jilid pertama pada musim 2016/2017 yang berakhir untuk kekalahan United, pemain yang akrab disapa Miki ini jarang lagi terlibat dalam beberapa laga yang dimainkan oleh United. Cedera yang ia alami dalam laga tersebut, atau tepat sebelum jeda internasional pada Oktober silam, membuat pemain ini jadi jarang diturunkan oleh manajer United, Jose Mourinho, dalam beberapa pertandingan Manchester United.

Namun seperti dikutip oleh situs resmi United, Miki sebenarnya sudah sembuh dari cederanya sejak beberapa hari lalu. Alasan kenapa Mou tidak memainkan Miki adalah karena manajer asal Portugal ini menilai bahwa pemain timnas Armenia tersebut masih harus beradaptasi dengan Liga Primer.

Hal sama juga pernah terjadi pada dua pemainnya ketika ia melatih Real Madrid (Angel Di Maria), dan Chelsea (Willian). Pada akhirnya dua pemain tersebut mampu beradaptasi dan menjadi pemain andalan kedua klub tersebut.

"Ia (Mkhitaryan) sudah tidak cedera lagi. Terkadang saya bingung untuk menjelaskan bahwa pemain saya itu sudah sembuh kepada media, karena banyak sekali pilihan kata dalam bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk itu. Tapi saya tegaskan bahwa ia sudah sembuh dan sudah kembali berlatih bersama tim," ujar Mou.

"Alasan mengapa saya belum memainkan Mkhitaryan adalah karena ia masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan kerasnya Liga Primer. Beberapa pemain memang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri, merasakan atmosfer, permainan, keras, dan kompetitifnya Liga Primer. Jika mampu melalui itu, saya percaya Mkhitaryan akan menjadi pemain kelas dunia," tambahnya.

Di tengah keadaan United yang sekarang sedang tidak bagus, Mkhitaryan bisa menjadi solusi masalah Manchester United, terutama untuk lini serang. Kemampuannya dalam menciptakan peluang di lini depan dapat menambah kreativitas lini serang United yang acap buntu. Ia juga bisa menjadi penyuplai bola untuk Zlatan Ibrahimovic, yang dalam beberapa laga terakhir begitu seret dalam urusan mencetak gol karena tidak ada suplai bola yang mendukung untuk dirinya.

Mou jelas memiliki alasan tersendiri untuk memarkir Miki. Tapi ada baiknya Mou jangan menyia-nyiakan catatan 32 asis Miki selama membela Dortmund, karena mungkin saja ia dapat menghadirkan peluang mencetak gol lebih banyak untuk United, yang mulai cukup kesulitan meraih hasi positif.

Komentar