Kontroversi dalam Kemenangan AC Milan Atas Juventus

Berita

by redaksi

Kontroversi dalam Kemenangan AC Milan Atas Juventus

Juventus gagal melanjutkan tren kemenangan mereka saat melawat ke Stadion San Siro untuk menghadapi AC Milan. Pada laga yang digelar Minggu, 23 Oktober 2016, dini hari WIB tersebut, Juventus takluk lewat gol semata wayang Manuel Locatelli.

Namun dalam laga ini, terdapat kejadian yang cukup kontroversial. Juventus sempat mencetak gol lewat Miralem Pjanic pada babak pertama, namun gol tersebut kemudian dibatalkan oleh wasit.

Hal inilah yang menarik perhatian pelatih Juventus, Massimilliano Allegri. Menurutnya, gol Pjanic harusnya sah, namun karena mendapatkan tekanan dari para pemain Milan, wasit meragukan keputusannya tersebut.

"Mereka bermain bagus untuk mencetak gol, dan kami tidak beruntung. Kami bermain bagus dalam permainan teknik. Kami mencetak gol, namun dibatalkan," tutur Allegri pada Mediaset Premium. "Hal tersebut biasa terjadi. Sayangnya, gol itu harusnya sah, tapi protes pemain Milan membuat wasit meragukan keputusannya."

Mengenai gol Pjanic, pelatih Milan, Vincenzo Montella, memilih tidak terlalu banyak berkomentar. Hal ini dikarenakan ia tidak melihat kejadiannya dengan jelas.

"Saya tidak melihatnya ketika hal itu terjadi. Itu adalah keputusan yang sangat sulit. Tapi kami menyerahkan keputusan sepenuhnya pada wasit," kata Montella pada Premium Sport.

Sementara itu salah satu pemain Juventus, Andrea Barzagli, lebih bijaksana dalam mengomentari tidak disahkannya gol Pjanic. Barzagli berpendapat bahwa terlepas dari keputusan wasit merugikan, Juventus tetap gagal meraih kemenangan karena penampilan tim secara keseluruhan.

"Saya sangat marah karena kami kalah," tutur Barzagli pada Sky Sport Italia. "Gol itu dibatalkan setelah wasit dan wasit garis gawang berdiskusi. Mereka mungkin menganggap keberadaan Bonucci mengganggu Donnarumma."

"Ini memalukan karena gol tidak disahkan meski itu salah, tapi kami memiliki 60 menit lainnya dengan permainan yang bagus untuk memenangi pertandingan, tapi kami gagal," tambah mantan bek Palermo ini.

Allegri sependapat dengan Barzagli mengenai penampilan Juventus secara keseluruhan. Mantan pelatih Milan ini pun memastikan bahwa kalah dengan cara seperti itu tidak akan melemahkan Juventus.

"Kami harus, sebagai tim, fokus pada permainan sepakabola dan tidak memberikan tekanan berlebih pada wasit. Saya hanya ingin memahami itu karena wasit atau asisten wasit yang membatalkan keputusan tersebut," papar Allegri.

"Kekalahan ini tak mengubah musim kami. Dari segi permainan, saya tak memiliki masalah dengan permainan tim. Kekalahan ini harusnya tidak boleh menyulitkan kami. Kami mengontrol pertandingan dan mencetak banyak tembakan ke gawang, mencapai area penalti dengan kerja sama tim yang bagus," tutup Allegri.

Juventus memang mendominasi dan mengontrol jalannya pertandingan. Banyak peluang yang berhasil mereka ciptakan. Namun mereka tetap gagal menaklukkan kiper Milan yang bermain gemilang, Gianluigi Donnarumma.


Berikut adalah analisis tentang kejadian di atas berdasarkan Laws of the Game yang berlaku: Gol Miralem Pjanic, Sah atau Tidak?

Komentar