Celotehan Jose Mourinho Tentang Wasit Terancam Sanksi

Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Celotehan Jose Mourinho Tentang Wasit Terancam Sanksi

Kegeraman pihak Liverpool atas penunjukan Anthony Taylor sebagai wasit yang memimpin laga Liverpool vs Manchester United belum berhenti menjadi persoalan. Setelah mantan ketua pengawas pertandingan Liga Primer, Keith Hackett, berpendapat, kali ini giliran manajer United, Jose Mourinho, yang ikut berkomentar.

Meski sempat enggan mengungkapkan perasaannya akan penunjukan Taylor, Mourinho pada akhirnya berpendapat. Menurutnya, kritik yang diberikan atas penunjukan Taylor akan membuat ia tidak bisa menunjukkan penampilan yang terbaik.

“Saya pikir Taylor adalah salah satu wasit terbaik di liga musim ini. Tapi dengan memberikan kritik kepadanya jelang pertandingan akan membuat ia tampil dengan penuh tekanan di laga ini,” ujar Mourinho seperti dilansir oleh Sky Sports.

“Jika bertanya soal pandangan terhadap penunjukan Taylor untuk laga sepenting ini, saya jelas memiliki pendapat. Namun saya belajar banyak dari kesalahan saya di musim lalu di mana saya pernah dihukum karena berkata mengenai mereka (wasit).”

Mourinho pun berjanji bahwa United tidak akan melakukan sesuatu yang kelewat batas untuk memancing Taylor melakukan sebuah hal yang menguntungkan tim asuhannya. “Saya merasa bahwa kami tidak perlu melakukan hal tersebut (pancingan untuk wasit). Sebab menurut saya, tim ini memiliki catatan kedisiplinan yang cukup baik.”

“Tim ini bermain dengan catatan kedisiplinan yang cukup baik. Dan para petinggi dan komisi wasit Liga Primer tahu akan hal tersebut,” tambahnya. “Tekanan terhadap wasit tidak perlu kami lakukan di laga seperti ini. Karena bagi kami, apa yang ditunjukkan di lapangan jauh lebih penting ketimbang melakukan hal tersebut.”

Komentar Mourinho ini rupanya terdengar sampai telinga FA. Seperti dilansir oleh BBC, FA akan melakukan penyelidikan terhadap gangguan Mourinho kepada wasit. Pasalnya, kembali dari BBC, eks pelatih FC Porto tersebut sudah menerima peringatan soal ucapan ke wasit.

Penunjukan Taylor sebagai wasit yang memimpin laga Liverpool vs Manchester United ini menimbulkan kecurigaan dan ketakutan bagi kubu Liverpool dan deretan pendukung mereka.

Hal ini dikarenakan Taylor adalah wasit yang lahir dan besar di kawasan Manchester. Tempat lahir Taylor, Wythenshawe, bahkan hanya berjarak sembilan kilometer dari markas stadion Manchester United, Old Trafford, atau sekitar 30 menit perjalanan menggunakan mobil. Sementara, kini ia tinggal di daerah Altrincham, salah satu kota di kawasan Manchester.

Akibat dari hal tersebut, banyak pihak yang langsung menunjukkan kritiknya. Baik kepada Taylor, maupun komite wasit Liga Primer, salah satunya adalah Hackett yang berkata bahwa penunjukan ini tidak mencerminkan integritas badan penyelenggara kompetisi Liga Primer.

Komentar