Rekor Tak Terkalahkan Napoli di Kandang Dipatahkan AS Roma

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Rekor Tak Terkalahkan Napoli di Kandang Dipatahkan AS Roma

Rekor tuan rumah Napoli selama dilatih Maurizio Sarri telah diruntuhkan AS Roma. Sebelumnya, Napoli memiliki rekor 19 kali menang, tiga kali imbang dan belum pernah terkalahkan di Serie-A. Kekalahan di kandang Napoli dalam era Sarri hanya terjadi di ajang Coppa Italia musim lalu ketika dikalahkan Internazionale Milan.

Tapi kali ini rekor tersebut dipatahkan Roma yang mengalahkan Napoli dengan skor 3-1 di Stadion San Paolo, Sabtu (15/10). Bagi Roma, kemenangan itu menjadi tiga poin pertama mereka di kandang lawan sepanjang Serie-A 2016/2017.

Napoli sendiri tampil tanpa dua pemain utamanya yaitu Arkadiusz Milik dan Raul Albiol karena cedera. Kekosongan Milik sebagai penyerang tengah diisi Manolo Gabbiadini. Sementara kekosongan Albiol di posisi bek tengah digantikan Nikola Maksimovic. Roma sendiri masih tidak bisa diperkuat Mario Rui dan Antonio Rudiger yang sama-sama menderita cedera ACL.

Kekosongan Rui di full-back kiri digantikan Juan Jesus dan absennya Rudiger sebagai bek tengah diisi Federico Fazio. Roma juga tidak bisa diperkuat pemain tengahnya, Kevin Strootman, karena cedera punggung. Posisinya digantikan Leandro Paredes untuk menjadi tandem Daniele De Rossi di lini tengah pada formasi 4-2-3-1. Formasi tersebut diladeni Napoli yang masih mengandalkan 4-3-3.



Pertandingan sendiri berjalan dengan sengit. Baru pada menit 43 Roma bisa mencetak gol yang dicetak Edin Dzeko. Ia menerima umpan dari Mohamed Salah yang memanfaatkan kesalahan Kalidou Koulibaly di lini belakang Napoli. Dzeko kembali lagi mencetak gol pada menit 54. Ia mencetak gol memakai kepalanya setelah menyambut umpan dari Alessandro Florenzi yang mengeksekusi tendangan bebas.

Atas dua gol yang dicetaknya tersebut, Dzeko menjadi pencetak gol terbanyak sementara Serie-A 2016/2017. Ia sudah mencetak tujuh gol dari delapan laganya bersama Roma musim ini. Dzeko mengungguli Carlos Bacca, Gonzalo Higuain dan Mauro Icardi.

Dzeko sendiri mengatakan jika dua golnya tersebut merupakan hasil dari penampilan baik skuatnya. Menurutnya, Roma telah menunjukan karakternya pada laga ini. Padahal mereka bermain tanpa Strootman yang menjadi playmaker Roma sejak kepergian Miralem Pjanic.

"Saya mencetak dua gol, itu sangat penting untuk saya. Saya pikir penampilan saya semakin baik setelah melawan Inter. Ini gol pertama saya di kandang dan tandang sekaligus di musim ini dan saya ingin meningkatkannya kembali. Ini adalah kemenangan penting untuk Roma," ujarnya usai pertandingan seperti dikutip dari Football-Italia.

Setelah dua gol yang dicetak Dzeko, Napoli memperkecil kedudukan lewat tandukan Koulibaly memanfaatkan sepak pojok yang dieksekusi Faouzi Ghoulam pada menit 58. Tapi Roma kembali memperbesar kedudukan atas gol yang dicetak Salah yang menerima umpan terobosan De Rossi pada menit 85. Alhasil, skor 3-1 bertahan sampai pertandingan berakhir. Dan peringkat Roma naik menjadi posisi kedua klasemen sementara Serie-A 2016/2017 dengan raihan 17 poin.

Komentar