Pemain Spekulatif FPL Pilihan PanditFootball: Gameweek 8

Fantasy Premier League

by Yudha Asmara

Yudha Asmara

Hooligans12th x PanditFootball.

Pemain Spekulatif FPL Pilihan PanditFootball: Gameweek 8

Sejak pekan pertandingan (gameweek, selanjutnya akan disingkat menjadi GW) 3, scout FPL PanditFootball menghadirkan pemain-pemain berprospek untuk menjadi faktor pembeda, utamanya bagi para spekulan atau FPL Manajer dengan gaya risk-taker. Berbeda dengan Tim Pilihan Pandit, pemain yang dipilih adalah pemain yang masih sedikit dimiliki manajer lain, dengan ketentuan kepemilikannya di bawah 5%, mempunyai prospek dibarengi risiko, serta lebih disukai yang bersahabat dengan bujet.

Siapa saja mereka? Berikut pemain spekulatif FPL GW8 yang didukung jadwal empuk:

Marcos Alonso (Chelsea)
Harga: £5.9
Kepemilikan: 0,1%

Marcos Alonso akhirnya melakukan debut penuhnya di GW7, ketika Chelsea mengalahkan Hull City untuk mengakhiri rangkaian kekalahan di dua laga sebelumnya. Dalam laga tandang dengan distribusi poin clean sheet bagi para pemain bertahannya itu, Alonso diplot sebagai wide midfielder dalam formasi 3-4-3 yang pertama kali di terapkan Antonio Conte.

Hal ini tentu saja membuat pemain yang terdaftar sebagai pemain bertahan (bek) di situs resmi FPL menjadi prospek panas karena posisinya yang lebih ke depan, berarti kesempatan lebih untuk mendapat poin dari aksi penyerangan (seperti asis atau gol).

Walau hanya mendapat 1 poin bonus, karena tidak menghasilkan asis atau gol, namun sebenarnya catatan statistik Alonso sangat potensial. Bermain di sektor tersebut nampaknya memberi legitimasi bagi Alonso untuk melepaskan tembakan dan peluang. Pemain Spanyol yang sempat membela Bolton dan Sunderland ini mencatat 5 tembakan (tertinggi pada laga tersebut) serta 4 peluang (juga tertinggi) yang sayangnya belum terkonversi menjadi gol atau asis.

Catatan clean sheet yang kedua kali di musim ini, membuat Conte kemungkinan besar tetap menerapkan formasi 3-4-3 saat menjamu Leicester City, yang berarti pemain jebolan akademi Madrid ini berpotensi kembali ditempatkan di posisi yang sama saat menjamu tim yang baru mencetak 3 gol tandang dan sudah kebobolan 10 gol tandang (terbanyak di liga). Apalagi Leicester akan bermain di Liga Champions UEFA pada tengah pekan depan, dan dicurigai punya kecenderungan mengorbankan big match di Liga Primer.

Callum Wilson (Bournemouth)
Harga: £6.4
Kepemilikan: 2,5%

Bournemouth akan bermain di kandang melawan tim yang kebobolan terbanyak dalam 4 GW terakhir (12 gol) menjadi laga yang potensial untuk mendulang gol. Sang pemimpin serangan, Callum Wilson, adalah orang yang paling tepat untuk diandalkan untuk mengkonversi setiap peluang untuk menjadi gol.

The Cherries mungkin mengawali musim dengan lamban dan ‘seret’ gol, namun mereka memperlihatkan tren positif dalam hal penyerangan. Statistik Wilson sendiri sebenarnya tidak begitu istimewa. Selain menciptakan 4 peluang, dia ‘hanya’ melepas 9 tembakan di 4 laga terakhir, namun 8 di antaranya di lepaskan di dalam kotak penalti. Sentuhan dalam kotak penalti juga termasuk banyak, yakni 26 sentuhan. Namun semua statistik di atas terbayar dengan 2 gol ke gawang WBA dan Watford.

Jangan lupakan juga bahwa Wilson adalah petugas penendang penalti utama dari kubu Bournemouth, mungkin akan berjodoh dengan Hull yang sudah 3 kali kebobolan dari titik putih, tidak termasuk 1 penalti lagi yang berhasil diselamatkan Eldin Jakupovic.

Jika Anda mau mengambil risiko lebih tinggi lagi di laga ini, Anda dapat merekrut Junior Stanislas (Gelandang, £5.5) yang hanya dimiliki oleh 0,2% manajer FPL. Kita dapat mengharap kejutan dari Stanislas yang kerap melepas tembakan dari luar kotak penalti. Dalam 4 laga terakhir, pemain ini telah melepaskan 8 tembakan, 7 di antaranya dari luar kotak. Ia juga telah mencetak 1 gol serta 1 asis dalam 2 laga terakhir. Selain itu, Stanislas juga masuk ke dalam daftar penendang penalti ketiga Bournemouth setelah Wilson dan Charlie Daniels.

James McArthur (Crystal Palace)
Harga: £4.9
Kepemilikan: 1.2%

Jadwal lagi-lagi menjadi alasan kami untuk memilih pemain pembeda yang terakhir. Crystal Palace akan menghadapi kesebelasan yang telah kebobolan 15 kali dalam 5 laga terakhirnya, dan kami mengharapkan kejutan datang dari James McArthur.

Terus terang, pemilihan James McArthur ini mempunyai unsur pertaruhan yang tinggi. Karena dari sisi Crystal Palace, selain McArthur, Palace mempunyai pemain semisal Jason Puncheon yang juga pernah masuk tulisan Pemain Spekulatif Gameweek 6 kami atau Wilfried Zaha dan Andros Townsend yang ketiganya juga punya kepemilikan yang lebih rendah dari 5%. Sedangkan dari sisi West Ham, ada kemungkinan pertahanan West ham membaik setelah GW7 lalu hanya kebobolan satu gol ditambah sembuhnya Aaron Creswell untuk memperkokoh sektor pertahanan West Ham.

Sebagai risk taker, kami mengharapkan kejutan dari McArthur yang dari segi statistik tidak tergolong bagus, namun menawarkan sisi efektivitas dalam serangannya. Dari posisinya yang agak dalam, McArthur mampu menyerang dalam kesunyian. Di GW5 dan 6, pemain Skotlandia ini berhasil membuat 2 gol dari hanya 2 tembakan, serta menambahkan 1 asis dari hanya 2 peluang yang ia ciptakan.

Selamat mengarungi gameweek 8 dengan kejutan. Salam panah hijau!

Silakan baca artikel lain tentang FPL di tautan ini

Komentar