Chelsea Tinggalkan Adidas untuk Teken Kontrak Fantastis Bersama Nike

Berita

by redaksi

Chelsea Tinggalkan Adidas untuk Teken Kontrak Fantastis Bersama Nike

Jika kita melihat seragam kesebelasan Chelsea dalam beberapa tahun terakhir, adidas dengan setia menjadi apparel kesebelasan asal London tersebut. Namun mulai musim depan, Chelsea akan hijrah ke apparel lain karena mereka telah mengandeng kerja sama baru dengan rival adidas, Nike.

Ya, Chelsea telah mengucapkan selamat tinggal pada adidas. Untuk memuluskan kerja sama dengan Nike, Chelsea tak ragu untuk membayar sebesar 40 juta paun sebagai bagian dari kompensasi untuk enam tahun kontrak yang tersisa antara adidas dan Chelsea.

Apa yang dilakukan Chelsea cukup beralasan. Karena kontrak baru mereka dengan Nike memecahkan rekor kontrak mereka dengan apparel. Nike dan Chelsea telah menyepakati kontrak bernilai 60 juta paun per tahun dengan durasi selama 15 tahun. Jumlah tersebut merupakan dua kali lipat lebih dari kerja sama Chelsea bersama adidas.

Dengan kerja sama baru antara Chelsea dan Nike, Chelsea akan memiliki kontrak yang masuk dalam kategori kontrak apparel termahal dunia. Saat ini, Manchester United masih memegang rekor kontrak termahal apparel di mana kerja samanya dengan adidas mencapai 75 juta paun per tahun.

Real Madrid dan Bayern Munich yang juga bekerja sama dengan adidas memiliki kontrak yang tak jauh berbeda dengan kontrak adidas-Chelsea. Sementara di Liga Primer, Arsenal menjadi kesebelasan dengan kontrak apparel termahal kedua di mana kerja sama mereka dengan Puma bernilai 30 juta paun per tahun.

Pendapatan dari sponsor memang terus diupayakan mengalami peningkatan oleh setiap kesebelasan Liga Primer. Manchester City pun tengah menegosiasi kontrak baru dengan Nike meski kerja sama mereka baru akan berakhir 2019 nanti. Saat ini, Man City mendapatkan 12 juta paun per tahun dari Nike.

Akan tetap Chelsea menjadi kesebelasan yang lebih dulu berhasil mencuri hati Nike. Meski penampilan The Blues kurang maksimal pada musim 2015/2016, namun Chelsea dianggap masih memiliki nilai jual.

Chelsea sendiri saat ini memiliki kontrak bernilai 40 juta paun dengan Yokohama untuk sponsor seragam pertandingan dan 10 juta paun dengan perusahaan minuman berenergi, Carabao. Nilai-nilai kontrak yang cukup fantastis ini merupakan pengaruh besar Si Perempuan Besi, Marina Granovskaia.

Baca juga: Perempuan Besi di Balik Kesuksesan Chelsea

Komentar