Buffon Menangi Golden Foot Award, Kalahkan Messi dan Ronaldo

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Buffon Menangi Golden Foot Award, Kalahkan Messi dan Ronaldo

Penjaga gawang timnas Italia dan Juventus, Gianluigi Buffon, meraih penghargaan Golden Foot Award 2016. Raihan penghargaan ini menambah raihan penghargaan individu yang sudah pernah ia raih sebelumnya. Lebih spesialnya lagi, ia meraih penghargaan ini setelah mengalahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Golden Foot Award adalah penghargaan yang digagas oleh World Champions Club. Penghargaan ini dikhususkan untuk pemain sepakbola berusia 28 tahun ke atas yang masih aktif bermain dan memberikan kontribusi positif baik itu untuk klub maupun timnas, tapi hanya bisa dimenangi sekali saja. Pemenang dari penghargaan ini diraih berdasarkan vote yang dilakukan oleh jurnalis dan publik.

Buffon mendapatkan penghargaan ini berkat penampilan menawan yang ia tunjukkan selama musim 2015/2016 bersama Juventus, dengan mengantarkan Juve meraih Scudetto dan Coppa Italia. Kiper yang juga pernah membela Parma ini tampil gemilang bersama timnas Italia dalam gelaran Piala Eropa 2016, dengan mampu mengantarkan Italia (dengan skuat yang dianggap medioker ketika itu) melaju sampai babak perempat-final sebelum dikalahkan oleh Jerman.

Dalam prosesi acara penerimaan penghargaan yang diadakan di Monaco, Prancis ini, Buffon pun mengungkapkan kebahagiaannya. Ia juga menjadi lebih bersemangat kembali dalam meraih gelar-gelar individu lain.

"Saya bangga dapat memenangi penghargaan ini. Saya harap kalau saya memang pantas menerima penghargaan ini, atas apa yang sudah saya lakukan sepanjang 2016 lalu. Terima kasih juga untuk orang-orang yang sudah memilih saya untuk memenangi penghargaan ini," ujar Buffon seperti dikutip Euronews.

"Saya sudah pernah menjadi nominasi dalam penghargaan ini sebelumnya, dan mungkin sekarang adalah saatnya saya memenangi penghargaan ini. Selanjutnya saya berencana untuk memenangi penghargaan-penghargaan individu yang lain karena saya merasa masih mampu," tambahnya.

Keluarnya Buffon sebagai pemenang Golden Foot Award, mengalahkan nama-nama seperti Messi dan Ronaldo, tampak mencerminkan hal lain. Apalagi Buffon adalah penjaga gawang pertama yang mampu memenangkan penghargaan Golden Foot Award ini. Melibatkan publik dalam pemilihan, kemenangan Buffon ini seperti mencerminkan awareness publik terhadap pentingnya peran penjaga gawang.

Dalam beberapa tahun terakhir, peran penjaga gawang seperti sedikit terpinggirkan dari lapangan sepakbola. Fokus permainan selalu kepada para pemain yang mampu mencetak banyak gol, ataupun pemain-pemain yang mampu menyajikan umpan indah. Peran penjaga gawang mulai kembali disorot setelah Manuel Neuer muncul dengan peran sweeper-keeper nya.

Dengan nama Buffon yang menjadi pemenang Golden Foot Award 2016, setidaknya mulai terlihat bahwa publik sudah paham peran dari penjaga gawang dalam sebuah tim. Juga dapat dilihat bahwa publik sudah mulai sedikit jengah dengan persaingan duopoli Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Komentar