Sang Penemu Kata "Soccer"

Backpass

by redaksi 25536

Sang Penemu Kata "Soccer"

Pada 9 Oktober 1866, Charles-Wreford Brown dilahirkan di Bristol. Ia adalah seorang mahasiswa yang begitu mencintai sepakbola, dan ia pernah menjadi kapten Tim Nasional Inggris selama dua kali. Namun bukan karena itu ia diingat, melainkan karena satu hal yang menjadi warisannya dalam dunia sepakbola; penemuan istilah "soccer" untuk merujuk kepada istilah "association football" ketika itu.

Football Association (Asosiasi Sepakbola Inggris) dibentuk pada 1863 untuk menjadi badan yang mengurusi sepakbola Inggris. Begitu diresmikan, mereka langsung menciptakan peraturan-peraturan mengenai olahraga sepakbola yang diberi istilah "association football". Penamaan ini sendiri bertujuan agar olahraga sepakbola ini dapat dibedakan dari jenis olahraga serupa yang ketika itu juga menggunakan kata "football", yaitu "rugby football".

Wreford-Brown adalah mahasiswa Universitas Oxford. Ia menemukan istilah "soccer" ketika ada sekelompok mahasiswa yang mengajaknya bermain rugby saat itu, disingkat menjadi "rugger".

Menurut Dr. Stefan Szymanski, pengajar Departemen Kinesiologi di Universitas Michigan, ada kebiasaan di Inggris yang senang menyingkat kata pertama dan kerap menjadikannya sebagai frasa baru. "Rugby" disingkat menjadi "rugger". Sementara Brown, saat itu menolak bermain "rugger" dan mengatakan bahwa ia memilih untuk bermain "soccer".

Kata "soc" pada "soccer" adalah singkatan langsung "association". Penyebutan yang diawali oleh Brown ini yang kemudian membuat The New York Times pada 1905 memutuskan menyebut Association Football (FA) sebagai "Socker". Setelah itu, istilah "soccer" sebagai frasa baru dari "association football" pun mulai lazim dipergunakan.

Kecintaan Brown kepada olahraga "soccer" (sepakbola) mengantarkannya menjadi pemain timnas dan sempat menjadi Kapten Timnas Inggris sebanyak dua kali, yaitu pada 1894 dan 1895 (dua-duanya melawan Wales).

Seusai menjadi pelatih timnas, ia tetap berhubungan dengan dunia sepakbola sebagai badan legislatif. Ia menjadi pewakilan Old Carthusians dan Oxford di jajaran kepengurusan Football Association.

Penggunaan kata "soccer" sudah mulai jarang di daratan Inggris, utamanya memasuki abad ke-19 setelah banyak kaum pekerja dan buruh yang ikut bermain bola. Namun di Amerika Serikat, sampai sekarang istilah ini masih digunakan. Penggunaannya tidak lain untuk membedakan sepakbola dengan rugbi (biasa disebut American football).

Jadi jika ada yang tidak suka kata "soccer" dan sampai-sampai membenci orang Amerika Serikat yang masih menggunakan kata "soccer", jangan dulu marah. Pada dasarnya, baik itu "soccer" dan "football" lahir dari kebiasaan orang-orang Inggris itu sendiri.

Baca Juga: Menelusuri Jejak Lahirnya Kata "Soccer"

(sf)

foto: victorianfootball.co.uk

Komentar