Vice-Chairman West Ham: Pemindahan Stadion dan Proses "Rebrand" West Ham Itu Penting

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Vice-Chairman West Ham: Pemindahan Stadion dan Proses "Rebrand" West Ham Itu Penting

West Ham United seolah terjun bebas musim 2016/2017 ini. Setelah pada musim sebelumnya mampu tampil mengesankan, mereka sekarang berada di papan bawah klasemen Liga Primer Inggris. Ada banyak faktor yang membuat The Hammers tampil tidak segarang musim lalu, dan salah satunya adalah karena mereka berpindah stadion ke London Stadium.

Kepindahan West Ham ke London Stadium ini tampak menjadi sesuatu yang begitu berpengaruh. Dalam beberapa laga kandang mereka di sini, tak jarang West Ham meraih kekalahan begitu telak. Dalam pertandingan terakhir Liga Primer Inggris saja, mereka dibantai oleh Southampton di kandang sendiri. Hal ini mengundang reaksi keras dari para suporter yang ingin The Hammers kembali ke Boleyn Ground, kandang yang mereka tinggalkan akhir musim lalu.

Tapi, hal ini dibantah oleh vice-chairman West Ham, Karren Brady. Ia bersikukuh bahwa kepindahan West Ham ke London Stadium ini adalah sebuah kesuksesan. Brady juga menyebutkan bahwa dengan kepindahan ini, West Ham sukses melakukan rebrand sebagai salah satu kesebelasan besar di London.

"Olympic (London) Stadium dibangun begitu dekat dengan kesebelasan kami. Ini adalah kesempatan bagi kami untuk melakukan rebrand, juga ada rencana-rencana lain dari kami seperti mengurangi beban utang, membangun budaya dan masa depan bersama West Ham," ujar Brady seperti dikutip dari The Guardian.

"Melakukan rebrand adalah hal yang penting bagi kami. Kami memiliki London Stadium. Kami juga menambahkan nama London dalam nama stadion karena kami sadar nama ini begitu dikenal di dunia. Belum ada kesebelasan lain yang melakukan hal yang sama. Dengan memasukkan nama London ini, akan ada efek-efek positif yang bisa kami dapatkan," tambahnya.

Lalu, berbicara perihal keinginan suporter yang ingin agar West Ham kembali ke Boleyn Ground (Upton Park), Brady mengungkapkan bahwa ia selalu memikirkan suporter dalam setiap langkah yang ia ambil. Membalas kritik dari para suporter, Brady angkat bicara bahwa sekarang ini West Ham sedang berada dalam kondisi finansial yang bagus.

"Stadion dan liga bukanlah faktor-faktor penting yang membuat kesebelasan itu hidup. Kesebelasan hidup karena ada suporter di dalamnya. Orang-orang yang mendukung kesebelasan inilah yang harus kita pikirkan, dengan cara merawat tradisi dan budaya kesebelasan sehingga brand yang kami tawarkan memiliki kekuatan tersendiri,"

"Sekarang, West Ham berada di peringkat ke-15 sebagai klub dengan brand value terbaik. West Ham juga memiliki suporter dengan pemegang tiket musiman terbanyak di antara kesebelasan-kesebelasan yang berbasis di London. Hal ini mendatangkan keuntungan secara finansial bagi kami," ungkapnya.

Memang, tanggapan negatif mulai banyak disuarakan oleh suporter perihal kepindahan West Ham ke London Stadium ini. Selain hasil negatif yang diraih oleh The Hammers, atmosfer yang berbeda dikeluhkan oleh suporter. Ini memang lazim terjadi pada kesebelasan yang berpindah ke stadion baru, kecuali Juventus, mungkin.

Keuntungan finansial memang langsung diraih oleh West Ham berkat penjualaln tiket dan stadion yang lebih banyak. Tapi, suasana dan budaya di Upton Park yang sudah terjalin lama mungkin masih membutuhkan waktu untuk berkembang, dan itu bisa saja terjadi selama bertahun-tahun lamanya.

Komentar