Awal Mula Cerita Seorang Mario Kempes

Backpass

by redaksi

Awal Mula Cerita Seorang Mario Kempes

Pada 5 Oktober 1973, penyerang kenamaan Argentina, Mario Kempes memulai perjalanannya di Argentina Primera Division. Ketika itu ia membela klub Instituto de Cordoba, dan mengantarkan klub ini menang atas Newell`s Old Boys dengan skor 1-0. Itu adalah awal dari perjalanan Mario Kempes menjadi salah satu penyerang terbaik Argentina.

Ketika itu ia masih berusia 19 tahun, dan sudah menghabiskan tiga musim berseragam Cordoba. Ia berhasil mengantarkan Cordoba masuk Argentina Primera Division pada 1973, sekaligus merupakan yang pertama kalinya bagi klub berkompetisi di Argentina Primera Division.

Pada musim itu, Kempes mencatatkan 13 kali penampilan bersama Cordoba dan mencetak 11 gol, sebelum akhirnya pindah ke Rosario Central pada 1974. Di klub barunya, ia berhasil mencetak 85 gol dalam masa tiga musimnya bersama Rosario Central. Penampilan impresifnya bersama Rosario Central membuat ia dilirik oleh klub Spanyol, Valencia.

Di Spanyol, penampilannya pun masih tetaplah luar biasa. Ia menjadi top skorer La Liga Primera Division selama dua tahun berturut-turut, yaitu pada 1977 dan 1978. Kempes juga sukses mengantarkan Valencia meraih berbagai macam trofi utama, seperti Copa del Rey (1970), Cup Winners` Cup (1980), dan UEFA Super Cup (1980).

Tapi, nama Kempes lebih dikenal karena berhasil mengantarkan Argentina menjuarai Piala Dunia 1978 (yang katanya diatur oleh junta militer Argentina). Dalam turnamen tersebut, Kempes berhasil menjadi pencetak gol terbanyak dengan mencetak enam gol, termasuk dua gol yang ia sumbangkan pada babak final saat Argentina mengalahkan Belanda dengan skor 3-1.

Usai membela Valencia, ia masih membela klub-klub di Eropa dan Amerika Latin, mesti klub itu bukan klub yang berkompetisi di level tertinggi. Mulai dari Hercules CF, First Vienna FC, Kremser SC, dan Arturo Fernandez Vial. Bahkan, ia pernah membela klub Indonesia, Pelita Jaya pada akhir masa kariernya.

Ia pun memutuskan untuk pensiun pada 1996, lalu terjun di dunia kepelatihan selama lima tahun sebelum pensiun pada 2001 silam. Sekarang ia menyibukkan diri dengan menjadi komentator untuk ESPN FC.

(sf)

foto: Wikipedia

Komentar