Laga Melawan Slovakia Pengaruhi Performa Rooney

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Laga Melawan Slovakia Pengaruhi Performa Rooney

Penampilan Wayne Rooney dalam beberapa pertandingan terakhir sedikit menurun. Manajer Manchester United, Jose Mourinho, meyakini bahwa menurunnya penampilan Rooney ini karena kritik deras yang ia terima usai laga melawan Slovakia dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018.

Meski dalam pertandingan itu Inggris meraih kemenangan 0-1, banyak pihak menganggap bahwa Rooney tidak berkontribusi terlalu besar dan memberikan kritik yang cukup tajam kepada Rooney. Mou menganggap hal itu memengaruhi mental Rooney, meski pemain yang pernah membela Everton ini sempat mengatakan bahwa kritik itu tidak terlalu ia pedulikan.

"Jujur, saya melihat ada perubahan dalam diri Rooney sebelum melawan Slovakia dan setelah melawan Slovakia. Saya tidak menyalahkan Big Sam, tapi, saya menyalahkan orang-orang yang memberikan kritik terlalu keras kepada kapten, sekaligus pemain penting sepanjang sejarah sepakbola Inggris ini," ujar Mou seperti dilansir ESPN FC.

"Saya kira itu terlalu menyakitkan baginya (Rooney). Tapi dengan kedewasaan yang sudah ia miliki, ia harus menghadapi semua ini dengan kuat," tambahnya.

Mengenai menurunnya performa dari pemain yang sudah mencatatkan banyak penampilan bersama timnas Inggris ini, manajer asal Setubal itu berpendapat, bahwa hal itu adalah resiko yang harus ia terima karena ia tampil dalam liga yang dikenal oleh banyak orang. Mou juga mengatakan bahwa persepsi orang berbeda-beda, itulah yang membuat kritik akan selalu ada.

"Semua orang itu berbeda, dan semua orang juga menganalisa sesuatu dengan cara berbeda. Beberapa ada yang membaca sampai selesai, beberapa ada yang tidak. Ketika saya berbicara `kamu`, mungkin, orang-orang pun akan memiliki persepsi yang berbeda tentang `kamu` itu," ujarnya.

"Namun, kadang orang juga tidak memikirkan bahwa manusia itu berbeda-beda. Bahkan, mereka juga tidak memahami bahwa para pemain profesional pun bisa saja memiliki reaksi yang berbeda. Itu adalah bagian dari pekerjaan kami, sebagai pemain dan manajer di Liga Primer Inggris, dan itu juga adalah bagian dari budaya Inggris. Anda tampil di Liga Primer Inggris, inilah resiko yang akan anda dapat," ungkap Mou.

Perihal kesiapan United dalam menjamu Leicester City pada Sabtu (24/9/2016) malam, Mou pun mengungkapkan bahwa jika Rooney tidak mampu kembali tampil prima, bukan tidak mungkin ia akan disimpan di bangku cadangan. Ini demi kebaikan tim karena, tidak ada yang diistimewakan dalam skuatnya.

"Sepakbola adalah cerita yang berbeda. Semua orang sama dan tidak dibeda-bedakan. Jika ia harus menghuni bangku cadangan, maka ia harus menghuni bangku cadangan. Ini bukan berarti ada masalah di antara manajer dan pemain. Rooney adalah kapten kami, tapi, ia tidak diistimewakan. Ia sama seperti pemain lain. Maka, jika nanti ia dicadangkan melawan Leicester, maka itu wajar-wajar saja," pungkasnya seperti dilansir The Guardian.

Komentar