Sir Alex Ferguson: Klopp dan Liverpool Merupakan Kombinasi yang Cocok

Berita

by redaksi

Sir Alex Ferguson: Klopp dan Liverpool Merupakan Kombinasi yang Cocok

Pekan keempat Liga Primer Inggris 2016/2017 berakhir manis untuk Liverpool. Menghadapi juara bertahan Liga Primer 2015/2016, Leicester City, Liverpool berhasil menang telak dengan skor 4-1.

Pada laga yang berlangsung di kandang Liverpool, Stadion Anfield, tuan rumah tampil dominan. Penguasaan bola skuat berjuluk The Reds tersebut mencapai 62% berbanding 38%. Total 17 tembakan dilepaskan Liverpool pada laga ini.

Hasil dan penampilan impresif Liverpool tersebut mengundang perhatian dari legenda Manchester United, Sir Alex Ferguson. Menurutnya, bermain di Anfield memang sangat menyulitkan bagi setiap lawan. Hal tak lepas dari pengalamannya kala menukangi Manchester United hampir tiga dekade.

"Karena keriuhan yang tersaji di sana [Anfield] melahirkan atmosfer yang luar biasa, membuat banyak tim, lawan, bahkan hingga wasit akan mendapatkan tekanan," ujar Ferguson ketika diwawancarai Sky Sports.

"Kita bisa lihat yang terjadi ketika situasi 3-1 untuk Dortmund dan mereka [Liverpool] mendapatkan gol kedua, keriuhan stadion mengangkat mentalitas mereka dan saya pikir hal tersebut menginspirasi tim," tambahnya.

Lebih jauh, Ferguson mengatakan pendukung Liverpool merupakan pendukung yang bisa menginspirasi tim. Ditambah lagi saat ini Liverpool ditangani oleh Juergen Klopp yang juga sangat ekspresif, Fergie menilai hal ini menjadi kombinasi yang ideal bagi sebuah kesebelasan.

"Mereka adalah contoh klub sepakbola, Liverpool, yang mendapatkan inspirasi dari setiap dukungan. Dia [Klopp] bisa mengirimnya dengan baik pada para pendukungnya," tutur pria asal Skotlandia ini.

"Setiap dukungan berarti baginya, di mana kemudian ia menunjukkan antusiasme di pinggir lapangan, dengan energi yang dimilikinya serta personalitasnya ketika ia melompat-lompat di sana. Saya pikir, kombinasi ini sangat cocok satu sama lain," tutupnya.

Sekilas, Fergie hendak menyebut bahwa Liverpool sangat tepat menunjuk Klopp. Dengan atmosfer di Stadion Anfield yang bisa meneror kubu lawan, tak heran baginya jika Liverpool akhirnya menjungkalkan juara bertahan Liga Primer, Leicester City, dengan skor telak, ketika performa mereka mencapai performa terbaik.

Komentar