Terkaitan Insiden Sikutan, FA Jatuhkan Sanksi Pada Aguero

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Terkaitan Insiden Sikutan, FA Jatuhkan Sanksi Pada Aguero

Sempat dipertanyakan apakah Aguero layak dihukum atau tidak, akhirnya badan tertinggi sepakbola Inggris, FA, bergerak. Setelah mempelajari video pertandingan, mereka memutuskan bahwa Aguero bersalah dalam kejadian sikutan kepada Winston Reid. Ia pun terancam mendapatkan sanksi tiga laga dari FA.

"Sergio Aguero bersalah akibat tindak kekerasan yang ia lakukan dalam pertandingan yang tidak terlihat oleh ofisial pertandingan. Ia terlibat dalam kejadian pada menit ke-76 dalam pertandingan Manchester City melawan West Ham United yang melibatkan dirinya dengan Winston Reid."

"Akibat perbuatannya ini, kami memberikan sanksi larangan bertanding selama tiga pertandingan untuk Aguero. Aguero memiliki waktu sampai Rabu, 31 Agustus pukul enam petang untuk melakukan banding ataupun memberikan pernyataan terhadap sanksi ini," ujar FA dalam pernyataan resminya seperti dilansir ESPN FC.

Ancaman sanksi tiga laga ini diberikan akibat sikutan Aguero yang ia layangkan kepada Winston Reid, pada menit ke-76, saat mereka sedang berduel untuk memperebutkan bola. Sikutan ini tidak diganjar hukuman oleh wasit yang kala itu memimpin pertandingan, Andre Marriner, karena ia mengaku tidak melihat kejadian tersebut.

Uniknya, saat insiden ini terjadi, Marriner sebenarnya berada tepat di depan Aguero dan Reid. Insiden ini terjadi memang begitu cepat.

Sikutan yang dilayangkan oleh Aguero ini konon katanya sampai membuat Reid sulit untuk berbicara, seperti kesaksian dari sang kapten, Mark Noble. Kalau penyerang yang pernah membela Atletico Madrid ini terkena sanksi tersebut, maka sanksi ini sama dengan yang diterima oleh Maroune Fellaini musim lalu, kala ia ketahuan menyikut pemain Leicester City, Danny Drinkwater.

Selain itu, jika sanksi ini dilayangkan, Aguero akan melewatkan Manchester derby melawan Manchester United pada 10 September 2016. Bukan hanya laga melawan United, penyerang asal Argentina ini juga akan melewatkan laga melawan AFC Bournemouth pada 17 September 2016 dan laga babak ketiga Piala Liga Inggris melawan Swansea City tiga hari berselang. Namun, ia tetap bisa memperkuat City dalam laga Liga Champions Eropa melawan Borussia Monchengladbach pada 14 September 2016.

Aguero masih bisa melayangkan banding dan tanggapan perihal ancaman sanksi ini sampai pada Rabu, (31/8/2016) pukul enam petang waktu setempat. Jika Aguero tidak melayangkan banding atau tanggapan apapun, maka ia akan otomatis terkena sanksi tiga larangan bertanding.

Perihal ancaman sanksi ini, manajer City, Pep Guardiola, mengaku tidak melihat kejadian tersebut. "Saya tidak melihat kejadian tersebut, jadi saya tidak bisa berkomentar apa-apa. Semoga saja, tidak ada hal buruk yang terjadi," ujar Pep seperti dilansir Mirror.

"Namun, jika ia nantinya mendapatkan sanksi, maka kami harus menerimanya dan segera melakukan sesuatu. Kami akan menurunkan pemain lain sehingga City tetap bisa bermain dengan 11 orang," tambahnya.

Meskipun kelak ia lolos dari sanksi FA, Aguero pun tampaknya diragukan untuk tampil, setelah ia juga mengalami cedera betis dalam kemenangan 3-1 melawan West Ham. Ia ditarik keluar oleh Pep pada menit ke-88. Cedera betisnya ini juga membuatnya melewatkan laga internasional bersama timnas Argentina dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Komentar