Gasak MU, Buah Persiapan Matang Dortmund

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Gasak MU, Buah Persiapan Matang Dortmund

Ditinggalkan oleh para pemain kunci, nyatanya tidak membuat Borussia Dortmund melemah. Ini terbukti dalam laga perdana International Champions Cup yang diselenggarakan di Shanghai, Dortmund meraih kemenangan cukup besar, 4-1, lewat dua gol dari Gonzalo Castro, dan satu gol masing-masing dari Pierre-Emerick Aubameyang dan Ousmane Dembele, yang hanya mampu dibalas satu gol saja oleh lawannya, Manchester United, lewat Henrikh Mkhitaryan.

Kekhawatiran akan melemahnya Borussia Dortmund musim depan, setelah beberapa pemain kunci seperti Ilkay Gundogan, Mats Hummels, dan juga Mkhitaryan, untuk sementara lenyap ketika melihat penampilan Dortmund yang cukup baik kala bertanding dengan The Red Devils. Rekrutan-rekrutan baru mereka memperlihatkan penampilan yang menjanjikan, termasuk Ousmane Dembele yang mencetak satu gol.

“Dalam pertandingan semalam, mesin yang kami gunakan berbeda. Mereka menggunakan mesin Formula 1, sedangkan kami masih menggunakan mesin Formula 3. Mereka lebih siap, dan Anda dapat melihatnya. Sulit bagi saya untuk memberikan penilaian kepada para pemain saya,” ujar Jose Mourinho, manajer Manchester United, seperti dilansir The Guardian.

“Setelah 10 menit pertandingan berjalan, Anda dapat membedakan tim mana yang baru mulai berlatih 10 hari yang lalu dan memainkan satu laga uji tanding, dengan tim yang sudah mulai berlatih sekitar empat minggu yang lalu dan sudah memainkan empat laga uji tanding,” tambahnya.

Aubameyang pun memberikan pendapat yang sama. Menurutnya, waktu latihan yang lebih lama dan usaha pelatih untuk menyatukan tim membuat Dortmund lebih siap untuk menghadapi ajang International Champions Cup ini. Namun, masih ada pertandingan melawan Manchester City yang harus mereka lakoni.

“Melawan Manchester United, kami bermain baik. Para pemain baru juga bermain dengan baik. Pelatih membuat kami bermain seperti tim dengan persiapan yang dimulai sekitar tiga sampai empat minggu yang lalu. Pertandingan selanjutnya melawan City, kami harus kembali menunjukkan penampilan yang baik,” ujarnya kepada Goal.

Melihat penilaian yang dilakukan oleh Mourinho dan Aubameyang, maka tidak salah untuk menilai kalau Dortmund sedikit lebih cepat dalam melakukan persiapan tim. Nama-nama baru seperti Emre Mor, Sebastian Rode, Ousmane Dembele, Raphael Guerrero, dan Marc Bartra sudah direkrut jauh-jauh hari dengan menggunakan uang hasil penjualan pemain bintang mereka. Hal itu membuat mereka memiliki waktu berlatih lebih lama (terkecuali Guerrero dan Mor yang tampil di Piala Eropa).

Belum lagi nama-nama baru yang sudah mencapai kata sepakat, seperti Mario Gotze dan Andre Schurrle yang akan segera bergabung. Bersama dengan nama-nama berpengalaman yang sudah ada seperti Shinji Kagawa, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Marco Reus, maka bukan tidak mungkin lini tengah Borussia Dortmund akan kembali tajam musim depan seperti halnya musim lalu.

foto: Wikipedia

Komentar