Alasan Supaya Juventus Menjadikan Berardi Sebagai Buruan Nomor Satu

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Alasan Supaya Juventus Menjadikan Berardi Sebagai Buruan Nomor Satu

Ketakutan bisa menjadi pengganjal transfer penyerang sayap Sassuolo, Domenico Berardi, ke Juventus pada bursa transfer musim panas ini. Ia khawatir hanya akan menjadi penghias di bangku cadangan Juventus atau justru dipinjamkan ke kesebelasan lain. Maka dari itu banyak klub yang berlomba-lomba untuk menyalip perburuan Berardi dari Juventus.

Tottenham Hotspur sudah sejak musim lalu diisukan menguntitnya. Juventus pun mendapat ancaman dari Barcelona dan Chelsea yang juga dikabarkan tertarik mendatangkan Berardi. Terbaru, Internazionale Milan pun digosipkan meminati Berardi. Rencananya mereka akan mengajukan tawaran sebesar 25 juta euro untuk Berardi.

Inter sendiri memang memiliki dana besar untuk investasi skuatnya, menyusul pengambilan alih kepemilikan oleh Suning China Group. Inter pun siap menggandakan gaji Berardi di Sassuolo saat ini. Bahkan agen Berardi mengatakan jika kliennya akan mempertimbangkan tawaran tersebut.

"Domenico (Berardi) saat ini sedang liburan, tapi kita akan lihat situasinya ketika dia kembali," ujar Simone Seghedoni, seperti dikutip dari Gazzamercato.it.

Di sisi lain, Giuseppe Marotta yang menjabat Direktur Olahraga Juventus yakin jika Berardi tidak akan pindah ke Inter. Tapi yang justru menjadi kendalanya adalah sikap Sassuolo itu sendiri kepada Berardi. Belakangan Sassuolo tidak ingin melepas pemain 21 tahun tersebut.

Berardi pun sempat mengutarakan keinginannya untuk bertahan bersama kesebelasannya itu. Apalagi jika mengingat Sassuolo akan berkiprah di Liga Eropa musim depan. Tentunya Berardi selalu siap untuk mengambil langkah berikutnya di tingkat lebih tinggi. Juventus sendiri memiliki klausul pembelian kembali yang bisa diaktifkan pada musim panas ini.

Kendati demikian, Giovanni Carvenali, Direktur Olahraga Sassuolo, menegaskan jika Juventus tidak bisa bebas begitu saja membeli Berardi, "Saya juga ingin menegaskan bahwa hubungan dengan Juve tidak berarti apa-apa dengan seituasi ini. Mereka tidak punya opsi apapun kepada pemain. Berardi adalah aset kami," tegas Carvenali seperti dikutip dari Gazzetta dello Sport.

Jika Juventus serius ingin mendatangkan Berardi, mereka harus meyakinkan dan menjadikannya sebagai target nomor satu bursa transfer musim panas ini. Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, pun tahu betul kualitas Berardi. Toh ia yang merasakan pahitnya dibobol empat gol sekaligus ketika masih membesut AC Milan. Saat itu Sassuolo menghempaskan Milan dengan skor 4-3 pada Januari 2014. Suatu hasil yang membuat Allegri dipecat Milan pada waktu itu.

Perburuan-perburuan dari banyaknya klub besar memang layak bagi 49 gol dari 127 laga yang dilakukan Berardi untuk Sassuolo. Ketajamannya itu memang tercoreng oleh jumlah kartu kuning yang didapatkannya, namun temperamentalnya itu bisa dikombinasikan dengan kekuatan, intuisi dan tekniknya yang baik.

Pemain bernomor punggung 25 itu memiliki bakat besar di dalam sepakbola modern. Kecepatan dan akurasi kaki kirinya akan menambah dimensi lain untuk serangan Juventus. Berardi sendiri bermain sebagai penyerang sayap kanan, tapi ia sering bergerak ke tengah. Pergerakannya itu tidak lepas dari kecerdasannya mengeksploitasi ruang. Flekesibilitasnya itu didukung oleh kecepatannya, sehingga ia cuma 12 kali terjebak offside selama musim lalu

Wakil Presiden Juventus, Pavel Nedved, menyadari bakat Berardi. Ia pun sudah lama mengagumi permainannya, "Dia (Berardi) adalah salah satu talenta terbaik di seluruh sepakbola Italia," ujarnya seperti dikutip dari Bleacher Reports. Kendati demikian, agak dipertanyakan juga mengapa Berardi tidak dipanggil Conte untuk memperkuat Italia di Piala Eropa 2016.

Berardi bisa saja membantu Juventus untuk memenuhi ambisi menjuarai Liga Champions musim depan. Kedatangannya bisa menutupi ketakutan Juventus jika kehilangan Juan Cuadrado. Sebab Chelsea mempertimbangkan untuk mempertahankan Cuadrado seiring dengan datangnya Conte. Juventus pun sudah kehilangan Alvaro Morata yang kembali ke Real Madrid atas klausul pembelian kembali.

Tapi soal Morata, Juventus mengincar Romelu Lukaku dan Christian Benteke sebagai penggantinya. Dan jika Berardi bergabung bersama Juventus, ia akan menjadi pemain masa depan Juventus seperti Stefano Sturaro. Kreativitasnya bersama Paul Pogba dan Paulo Dybala pun akan sangat dinantikan. Maka bukan tanpa alasan Juventus membutuhkan pemain andalan Italia U-21 ini. Berardi pun perlu menangkap peluang itu. Karena ini adalah salah satu kesempatan yang mungkin saja tidak akan datang dalam waktu panjang.


Sumber lain: ESPN FC, Gazzetta World, Talk Sport

Komentar