Grzegorz Krychowiak yang Diperebutkan Klub-klub Top Eropa

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Grzegorz Krychowiak yang Diperebutkan Klub-klub Top Eropa

Grzegorz Krychowiak sudah lama menjadi incaran Arsenal. Kini, Manchester United pun ikut mengincar gelandang andalan Sevilla itu. United membutuhkannya seiring dengan semakin uzurnya Michael Carrick. Sementara penampilan Morgan Schneiderlin dianggap masih belum menemukan konsistensi dalam permainannya, dan Bastian Schweinsteiger lebih sering bergelut dengan cedera. Sebagai catatan, United sendiri sudah membeli enam gelandang dalam tiga musim terakhirnya.

United mulai mengalihkan perhatiannya kepada Krychowiak sejak kalah dalam perebutan Renato Sanches, gelandang Benfica. Sebab Renato lebih memilih Bayern Munich sebagai kesebelasannya musim depan. Maka United pun menyiapkan uang 30 juta poundsterling untuk merekrut Krychowiak.

United pun lebih percaya diri untuk memboyongnya ketimbang Arsenal. Pesaingnya itu sedikit mengurangi minatnya kepada Krychowiak karena sudah mendapatkan Granit Xhaka. Tapi tantangan lain didapatkan United karena Barcelona pun meminatinya. Barcelona menginginkanya sebagai antisipasi jika Javier Mascherano pergi, walau belakangan pemain itu ingin bertahan.

Jika Mascherano hengkang, Barcelona meninginkan Krychowiak yang dianggap kemampuannya sepadan dengan Sergio Busquets. Bahkan kabarnya Barcelona sudah berbicara dengan agen Krychowiak. Juventus pun mengincar pemain asal Polandia tersebut. Langkah itu dilakukan jika Mascherano memperpanjang kontraknya diBarcelona.

Hal-hal tersebutlah yang membuat United lebih percaya diri merekrut Krychowiak. Tapi ia harus bersaing dengan banyak gelandang jika berlabuh di United. Krychowiak akan bersaing dengan Marouane Fellaini, Ander Herrera, Schneiderlin, Carrick dan lainnya. Daley Blind pun bisa ditugaskan sebagai gelandang bertahan. Tapi atas revolusi Jose Mourinho untuk sektor tengah, kemungkinan Krychowiak bisa lebih diandalkan.

Krychowiak sendiri memang tampil memuaskan selama musim lalu. Pemain 26 tahun itu berhasil mengantar Sevilla kembali menjuarai Liga Eropa 2015/2016. Akurasi operannya memiliki rataan 84,3 persen dari 26 laganya di La Liga 2015/2016. Sehingga ia dipercaya sebagai distribusi bola di permainan Sevilla.

Krychowiak pun merupakan pemain paling banyak melakukan intersepsi di Sevilla musim lalu, yakni dengan 4,4 intersepsi per laganya. Ia pun pemain yang tangguh dalam duel udara. Krychowiak memenangkan 3,2 duel udara per laga selama musim lalu. Ia pun bisa menjalani tugas sebagai bek tengah. Dan dengan kemampuan operannya yang bagus, ia bisa berperan membantu serangan dari lini belakang. Sebetulnya gaya permainannya mirip dengan Schneiderlin ketika masih memperkuat Southampton.

Sementara Krychowiak masih memiliki kontrak di Sevilla sampai 2019. Tapi ia memiliki klausul pelepasan senilai 34 juta poundsterling. Sekarang Krychowiak sedang membela Polandia di ajang Piala Eropa 2016. Bahkan tim nasionalnya itu berpeluang besar lolos dari fase grup.

Sumber: 90 Mins, Bleacher Reports, Express, Gazzetta World, Metro, MU Latest.

Komentar