Main di Kandang, Barito Putera Ditahan Imbang Semen Padang

Analisis

by redaksi

Main di Kandang, Barito Putera Ditahan Imbang Semen Padang

Semen Padang berhasil menahan imbang Barito Putera 1-1 dalam lanjutan Indonesian Soccer Championship yang digelar di Stadion 17 Mei, Banjarmasin.

Sejak menit awal, Barito telah melakukan serangan. Lewat kemampuan individunya, Mamadou Al Hadji melakukan dribel dan melepaskan tembakan keras. Namun, bola masih belum menemui sasaran. Barito Putera bermain dengan formasi 3-5-2. Serangan Laskar Antasari lebih banyak dibangun dari sisi kiri lewat Al Hadji dan Rizky Pora.

Rizky Pora beberapa kali berhasil menembus pertahanan Semen Padang. Namun usaha para pemain depan Barito seperti Luis Junior dan Ibrahim Conteh berkali-kali pula gagal untuk membuahkan gol. Peluang terbaik datang pada menit ke-31 dengan posisi one on one dengan penjaga gawang Semen Padang, Aditya Harlan namun bola masih tidak terarah ke gawang. Di babak kedua pun peluang demi pelang banyak di dapatkan oleh Ibrahim Conteh, namun tetap keadaan tetap bertahan 0-0 hingga babak pertama.

Di babak kedua, Fathul Rahman masuk menggantikan Al Hadji. Di sinilah Semen Padang mulai membredel pertahanan kiri Barito Putra. Riko Simanjuntak beberapa kali menyerang sisi kiri Barito setelah digantinya Al Hadji. Beberapa kali bola Riko Simanjuntak mengirim umpan matang kepada Marcel Silva. Namun striker tunggal tersebut masih kewalahan membobol gawang Barito Putera.

Digantinya Al Hadji membuat Barito lebih banyak memanfaatkan serangan lewat sisi kanan. Pada menit ke-64, Hengki Ardiles melakukan tekel kepada Rizky Pora di dalam kotak penalti yang membuat wasit menunjuk titik putih. Luis Junior, sang algojo, menuntaskan tugasnya dengan baik. Kedudukan pun berubah 1-0 untuk Barito.

Setelah gol tersebut, tempo permainan kian meningkat. Para pemain Semen Padang tidak lagi terus menerus mengirimkan bola pada Silva. Mereka mulai mengirim tendangan langsung dari luar kotak penalti.

Nur Iskandar yang masuk menggantikan Vendi Mofu pada menit ke-63 berhasil menyeimbangkan kedudukan menjadi 1-1. Gol tersebut dihasilkan dari bola liar di depan gawnag Barito Putera atas kesalahan pemain belakang, dan dengan sergap Nur Iskandar memanfaatkannya menjadi sebuah gol. Hingga peluit wasit dibunyikan, kedudukan tetap sama kuat 1-1.

(@gigihgg)

Komentar