Kemenangan Penting dan Catatan Baik untuk Polandia

Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kemenangan Penting dan Catatan Baik untuk Polandia

Polandia memulai perjalanan mereka di kompetisi antar negara Eropa, Piala Eropa 2016 dengan baik. Menghadapi kesebelasan kuda hitam lainnya, Irlandia Utara, dalam laga perdana Grup C di Stade de Nice, Nice, Minggu (12/6) malam WIB, Polandia menang 1-0 berkat gol tunggal Arkadiusz Milik pada menit ke-51.

Kemenangan ini pun berarti ganda bagi Polandia. Pasalnya, kemenangan lawan Irlandia Utara ini, merupakan kemenangan pertama mereka selama partisipasi mereka di Piala Eropa. Tidak hanya itu, kemenangan ini pun membuat mereka sukses duduk di posisi kedua di bawah Jerman, yang di laga setelahnya mampu mengalahkan Ukraina 2-0.

Memainkan beberapa pemain pilarnya seperti Robert Lewandowski, Gregorz Krychowiak, dan Kamil Glik, Polandia bermain terbuka. Namun kokohnya lini belakang Irlandia Utara yang dikomandoi Johnny Evans membuat anak asuh Adam Nawalka tersebut tidak mampu mencetak gol cepat.

Peluang emas pertama Polandia baru muncul pada menit ke-30. Berawal dari umpan segitiga dengan Lewandowski dan Jakub Blaszczkowski, Lukasz Piszczek, mengirim umpan tarik ke mulut gawang Irlandia Utara dan mampu dikontrol dengan baik oleh Arkadiusz Milik. Namun sayang, sepakan Milik masih melambung di atas gawang Michael McGovern.

Di menit ke-38 Polandia lagi-lagi mendapatkan peluang emas. Sapuan dari pemain belakang Irlandia Utara mengenai Bartosz Kapustka. Tapi kembali, sepakan keras Kapustka setelah melewati dua pemain Irlandia Utara berhasil diamankan oleh McGovern.

Beberapa detik setelahnya, giliran Michal Pazdan yang mengancam gawang anak asuh Michael O’Neill. Tapi lagi-lagi peluang tersebut gagal karena sepakan pemain Legia Warsawa tersebut melenceng tipis di gawang lawan. Peluang tersebut pun menjadi peluang emas terakhir yang didapat Polandia di babak pertama.

Di babak kedua, Polandia kembali memulai pertandingan dengan terus merangsek masuk ke daerah permainan lawan. Namun sayang, Lewandowski yang digadang-gadang akan mencetak gol di laga ini justru melempem, akibat penjagaan diberlakukan untuk pemain Bayern Munchen ini.

Gol yang ditunggu-tunggu oleh kesebelasan berkaus putih merah ini akhirnya datang di awal babak kedua, tepatnya di menit ke-51. Memanfaatkan umpan Blaszczykowski, Milik berhasil memecah kebuntuan Polandia, setelah tembakannya ke tiang dekat gagal diantisipasi oleh McGovern.

Keunggulan tersebut rupanya langsung direspon cepat oleh O’Neil. Ia pun mengubah taktik dan formasi anak asuhnya untuk lebih menyerang. Dua bek sayap yang di babak pertama jarang membantu serangan mulai diihidupkan oleh O’Neil.

Perubahan dan ambisi untuk mencetak gol pun langsung membuat Irlandia Utara terus menekan. Tekanan ini nyatanya mulai bisa diantisipasi oleh Polandia. Hasilnya sepakan usai menang perebutan bola, Polandia tembakan langsung mengarakan bola ke gawang McGovern. Gol ini pada akhirnya menjadi satu-satunyagol di laga ini.

Kemenangan ini pun disyukuri oleh Nawalka dan anak asuhnya. Baginya, kemenangan diakibatkan oleh kerja keras anak asuhnya sepanjang 90 menit di lapangan.

"Kami sadar bahwa kemenangan ini penting, dan kamu tahu, kami sudah siap untuk itu," ujar gelandang Polandia, Grzegorz Krychowiak, seperti dikutip dari situs resmi UEFA. "Kami bisa melakukan banyak hal di laga ini, tapi kami juga tidak boleh terlalu optimistis setelah memenangi pertandingan ini. Oleh sebab itu, sekarang kami harus menjaga momen ini dan menanganinya dengan tenang dengan kepala dingin.”

Komentar