Memperingati Satu Abad Rivalitas Austria dan Hungaria

Cerita

by redaksi

Memperingati Satu Abad Rivalitas Austria dan Hungaria

Hungaria dan dan Austria adalah dua negara yang mempunyai rivalitas besar dalam sejarah sepakbola. Kedua tim tersebut setidaknya telah bertemu di lapangan hijau sebanyak 136 kali. Hal tersebut merupakan deretan pertemuan pertandingan sepakbola terbanyak di dunia, setelah Argentina dan Uruguay.

Rivalitas sepakbola antara kedua tim kesebelasan tersebut bisa dibilang yang paling unik di dunia. Pasalnya kedua negara tersebut adalah negara yang lahir dari sebuah kerajaan yang terpecah. Austro-Hungarian Monarchy adalah sebuah negara monarki yang berdiri 1867-1918, yang menjadi cikal bakal dari negara Austria dan Hungaria.

Kerajaan tersebut adalah sebuah kerajaan yang memiliki dua raja(kerajaan ganda), yaitu kerajaan Hongaria dan Kekaisaran Austria. Austro-Hungarian Monarchy pecah ketika berlangsungnya perang dunia pertama, akibat dari perpecahan antar kedua kerjaan tersebut.

Rivalitas tersebut kini akan dilanjutkan pada tanggal 14 Juni di laga penyisihan Grup F Euro 2016 di Bordeux, Perancis. Namun ada beberapa fakta menarik tentang rivalitas sepakbola kedua tim nasional tersebut.

Tercatat rivalitas tersebut berlangsung pada 12 October 1902, saat pertandingan persahabatan di kota Venna, Austria. 137 laga yang dilakoni tersebut diantaranya adalah laga Piala Dunia, Central European International Cup(turnamen sepakbola di kawasan Eropa tengah 1927-1960, sebelum adanya Euro), Olimpiade, dan juga laga kualifikasi Euro dan Piala Dunia.

Yang unik dari rivalitas antar kedua kesebelasan ini, dari 137 pertandingan yang dilakoni, tercatat hanya ada 3 laga yang diselenggarakan di luar negeri, dan 134 di gelar di Hungaria dan Austria. 134 laga tersebut diselenggarakan di Budapest(ibu kota Hungaria), Linz (Austria), Wien (atau yang biasa di sebut Kota Vienna adalah Ibukota Austria), dan Salzburg(Austria).

Dan ketiga laga lainnya dilakoni di luar negeri, yaitu Bordeaux-Prancis pada 14 Juni 2016 nanti dalam pagelaran laga UEFA Euro 2016. Selain itu pertandingan antara Hungaria dan Austria pernah juga dilakoni di Bologna(Italia, 1934 FIFA World Cup) dan Solna (Swedia, 1912 Summer Olympics).

Rekam Jejak Austria dan Hungaria di Pentas Internasional

Tercatat dari tahun 1960-2004, Austria tidak pernah lolos dari babak kualifikasi Piala Eropa. Capaian terbaik dari negara ini adalah hanya masuk dalam babak penyisihan grup pada Piala Eropa 2008, sedangkan di Piala Eropa 2012 Austria tidak masuk dalam kualifikasi. Dan kini di Piala 2016 Austria akan bertanding melawan musuh bebuyutannya yaitu Hungaria 14 Juni nanti.

Di ajang Piala Dunia, tercatat rekor terbaik yang diraih oleh Austria adalah, sebagai Juara Ke-3 pada Piala Dunia 1954 yang diselenggarakan di Swiss, setelah sukses mengalahkan Uruguay dalam pertandingan perebutan gelar juara 3. Namun pada Piala Dunia tahun 2002, 2006, 2010, dan 2014, Austria tidak pernah lagi lolos dalam pagelaran turnamen Internasional tersebut.

Menuju ke Hungaria, bila Austria menjadi Juara 3 Piala Dunia 1954, Hungaria lah yang menjadi Runners-up Piala Dunia 1954 tersebut. Rekor serupa juga pernah diraih oleh tim sepakbola Hungaria adalah pada Piala Dunia 1938. Sedangkan pada tahun 1990-2014, selama 7 kali pagelaran akbar tersebut, Hungaria tidak pernah lagi masuk dalam kualifikasi tim Piala Dunia.

Di ajang Piala Eropa, rekor terbaik dari Hungaria adalah sebagai Juara 3 pada Euro 1964, dan Juara ke 4 pada Euro 1972. 1972 adalah laga terakhir Hungaria di panggung Euro sebelum akan bernostalgia pada 14 Juni nanti di kejuaraan yang sama.

Kedua negara tersebut tercatat pernah menorehkan tinta emas dalam sejarah sepak bola dunia. Meskipun bagi para pengamat, kedua kesebelasan tersebut saat ini hanyalah tim "hiburan" di ajang Euro 2016. Hungaria dengan pemain legendarisnya yaitu Ferenc Puskas yang pernah membawa masa kejayaan sepakbola Hungaria di wajah internasional pada Piala Dunia 1954. Dan nama Ferenc Puskas kini diabadikan menjadi nama salah satu stadion di Hungaria. Di Austria terkenal dengan Ernst Ocwick yang disebut-sebut sebagai pemain Austria terbesar sepanjang masa, yang membawa Austria meraih Juara 3 Piala Dunia 1954.

Tetapi dalam setiap laga sepakbola, kejutan selalu datang dari tim-tim yang justru dianggap remeh oleh para pakar. Tim-tim seperti Austria dan Hungaria justru berpeluang untuk menjegal tim-tim spesialis laga yang sudah melanglang buana mengikuti dan menjuarai kejuaraan sepakbola. Dan banyak pihak di era 2000-an menanggap mereka sebagai tim kuda hitam yang selalu menyulitkan.

***

Bagaimana peluang mereka di Piala Eropa 2016 kali ini?

Berikut adalah skuat Hungaria dan Austria yang akan berlaga pada Euro 2016 :

Sumber : The Guardian

Bagi Austria dan Hungaria, peluang mereka untuk berada di puncak grup adalah sesuatu yang sangat memungkinkan. Spekulasi yang beredar adalah, siapapun yang dapat menang melawan melawan Portugal bisa dipastikan lebih mulus melenggang untuk masuk ke babak perempat final. Karena komposisi grup F Euro 2016 sendiri terdiri dari Portugal, Islandia, Hungaria, dan Austria. Dimana musuh terkuat mereka adalah Portugal dengan Cristiano Ronaldo-nya. Namun bagi Austria dan Hungaria, sepertinya rivalitas mereka adalah pertandingan yang mempertaruhkan kehormatan mereka dalam ajang Euro 2016. Karena kedua kesebelasan tersebut sama-sama sudah terlalu lama tidak menginjakkan kakinya di laga Euro, dan kini harus membuka pertandingan pertamanya di Euro 2016 dengan melanjutkan rivalitasnya yang telah berlangsung selama seabad silam.

(Gih)

Komentar