Petinggi Manchester City Ingin Guardiola Berikan Porsi untuk Pemain Muda

Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Petinggi Manchester City Ingin Guardiola Berikan Porsi untuk Pemain Muda

Kedatangan Josep “Pep” Guardiola sebagai manajer di Manchester City pada awal musim depan diyakini akan terciptanya suatu era baru di kesebelasan yang bermarkas di Etihad tersebut.

Terciptanya era baru City sudah mulai terlihat kala mereka memutuskan mendatangkan Ilkay Gundogan meski masih memiliki banyak stok pemain tengah. Hal ini pun semakin kuat mana kala Chairman City, Khaldoon Al Mubarak, mengatakan ingin membuang banyak pemain senior demi memberi tempat bagi pemain muda.

Dalam pernyataanya kepada CityTV, Khaldoon berharap agar Pep memberikan banyak porsi bagi pemain muda demi melancarkan rencana jangka panjang kesebelasan. Ia menambahkan bahwa demi memuluskan langkah ini, akan ada beberapa pemain yang pergi.

“Kami harus bisa menjaga keseimbangan antara yang kita bangun sekarang dengan masa depan,” ujarnya. “Salah satunya adalah dengan menjaga kuantitas antara pemain muda dan pemain berpengalaman.”

“Pep tentu sudah ada gambaran mengenai hal tersebut, baik itu pemain yang ia sukai maupun pemain yang sesuai dengan taktik yang ia gunakan,” tambah Khaldoon.

“Melihat kebutuhan skuat saat ini akan ada beberapa pemain yang saat ini bersama kami akan pergi. Saya pikir kami akan melakukan beberapa perubahan musim panas ini. Bisa saja kami malah berinvestasi seperti halnya yang sudah kami lakukan (di pemain muda),” ucapnya.

Pernyataan Khaldoon tersebut menyiratkan bahwa akan ada beberapa nama yang dipersilakan pergi untuk memberi ruang bagi pemain muda. Jika proyek ini benar-benar terjadi, maka langkah ini akan melengkapi rencana besar City terhadap pemain muda.

“Kami percaya dengan sumber yang ada, Guardiola akan membangun kesebelasan yang berambisi besar dan kapabilitas untuk menang dan menjuarai Liga Primer untuk kami,” tukasnya.

“Guardiola memiliki kemampuan dalam mengembangkan pemain muda. Dan hal tersebut lah yang membuatnya kami pertimbangkan,” ujarnya. “Dia sudah membuktikan bisa melakukannya (mengembangkan pemain muda) bersama Barcelona dan Bayern Munchen.”

“Di sana, meski ia memiliki pemain bintang di tim utama, namun ia juga selalu memberikan tempat di timnya bagi pemain muda,” tambahnya. “Kami memiliki pemain muda berkualitas di sini. Para pemain muda di sini memiliki kemampuan untuk bersaing. Selain itu dengan adanya Pep, saya yakin pemain muda di sini akan berkembang.”

“Kami akan sangat senang jika banyak dari pemain akademi masuk ke dalam tim utama.”

Dengan pernyataan ini, bukan tidak mungkin City akan melepas beberapa pemain senior demi memasukkan pemain muda ke akademi. Yaya Toure yang pernah berkonfrontasi dengan Pep ketika berada di Barcelona pun menjadi salah satu pemain yang memiliki kemungkinan besar untuk dilepas.

Komentar