RESMI: Jose Mourinho Tangani Manchester United

Berita

by redaksi

RESMI: Jose Mourinho Tangani Manchester United

Setelah memberhentikan manajer asal Belanda, Louis van Gaal, Manchester United telah memastikan nakhoda anyar mereka untuk musim 2016/2017. Manchester United telah mengonfirmasi bahwa manajer asal Portugal, Jose Mourinho, dipastikan akan menjadi manajer Manchester United per 27 Mei 2016. Mourinho telah meneken kontrak dengan durasi selama tiga tahun (opsi perpanjangan hingga 2020).

Sebelum bersama Manchester United, Mourinho sempat mengganggur usai didepak Chelsea pada Desember 2015 lalu. Ketika Manchester United tampil buruk dan isu pemecatan Van Gaal merebak, Mourinho pun sudah disebut-sebut sebagai kandidat pengganti. Namun karena negosiasi yang alot, kesepakatan kedua belah pihak baru terjalin pada akhir Mei 2016.

Salah satu alasan Manchester United memilih Mourinho adalah karena reputasi pelatih berusia 53 tahun tersebut sebagai salah satu pelatih terbaik dunia saat ini. Sejauh ini, Mou pernah merasakan menjadi juara di empat negara berbeda; Portugal, Inggris, Italia dan Spanyol, serta dua kali menjuarai Liga Champions (bersama Porto dan Internazionale Milan).

"Jose [Mourinho] jelas merupakan manajer terbaik saat ini. Ia memenangkan sejumlah trofi dan menjadi insipirasi banyak pemain dari berbagai negara di Eropa, dan tentu saja , ia mengetahui Liga Primer sangat baik dengan meraih tiga trofi di sini," ujar Ed Woodward, Vice President Manchester United dalam pernyataan resminya di laman resmi mereka.

"Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menyambutnya ke Manchester United. Rekam jejak kesuksesan yang ia miliki sangat ideal untuk klub kedepannya," tambahnya.

Sementara itu, Mourinho mengaku bangga bisa menangani Manchester United. Bahkan ia tak ragu mengakui bahwa Manchester United adalah kesebelasan yang dipuja di seluruh dunia.

"Menjadi manajer Manchester United adalah sebuah kehormatan spesial di permainan [sepakbola] ini. Klub ini sangat dikenal dan dipuja di seluruh dunia. Ada hal mistik dan sebuah roman tentang ini di mana klub lain tak bisa menandinginya," ujar Mourinho yang juga dikutip laman resmi Manchester United.

"Saya selalu memiliki sebuah ketertarikan dengan Old Trafford; Stadion ini pernah menjadi tuan rumah beberapa pertandingan penting dalam karier saya dan saya selalu menikmati hubungan dengan fans United. Saya siap menjadi manajer mereka dan menikmati dukungan luar biasa dari mereka dalam beberapa tahun ke depan," tambahnya.

Dengan pernyataan ini, saga ke mana Mourinho akan melanjutkan karier terjawab sudah. Mourinho akan menjadi manajer baru Manchester United, dan tentunya mendapatkan beban untuk bisa mengembalikan Manchester United menjadi kesebelasan yang ditakuti di Inggris dan Eropa, bahkan dunia.

Komentar