Manchester United, Pengganggu Pesta Perpisahan West Ham dengan Upton Park (?)

Berita

by redaksi

Manchester United, Pengganggu Pesta Perpisahan West Ham dengan Upton Park (?)

Untuk memastikan diri melaju ke Liga Champions Eropa musim depan, Manchester United mesti memenangi dua pertandingan terakhir mereka. The Red Devils akan menghadapi West Ham United di Upton Park pada Rabu (11/5) dini hari WIB nanti, serta menjamu AFC Bournemouth pada akhir pekan nanti.

MU percaya diri menghadapi West Ham. Mereka tidak pernah kalah dalam empat pertandingan terakhir di liga dengan meraup 10 poin. Namun, pelatih MU, Louis van Gaal, serta sang gelandang, Juan Mata, khawatir kalau ikatan emosional Upton Park dengan West Ham akan menjadi penghalang. Pasalnya, pertandingan ini adalah pertandingan terakhir West Ham di Upton Park setelah akan pindah ke Stadion Olimpiade pada musim depan.

MU sejatinya baru bertandang ke Upton Park pada bulan lalu dalam ajang Piala FA. Kala itu, Anthony Martial dan kolega menang 2-1 yang mengantarkan mereka ke semifinal lewat gol Marcus Rashford serta Marouane Fellaini. Namun, kini MU diyaini akan kesulitan karena akan ada emosi tinggi dalam pertandingan perpisahan tersebut.

“Ini akan menjadi spesial,” tulis Mata dalam blognya, “(Karena ini adalah) pertandingan resmi terakhir di Boleyn Ground, di mana West Ham telah bermain selama 112 tahun.”

“Dengan wajah Bobby Moore, Boleyn Ground adalah tempat sepakbola Inggris bernafas. Akan menjadi sebuah kehormatan untuk ada di sana dan mencoba untuk menang,” kata Mata.

Mata menganggap bahwa West Ham adalah lawan tangguh pada musim ini. “Mereka kini ada di peringkat ketujuh dan itu terjadi atas kombinasi kerja keras dan bakat, bukan cuma kebetulan,” kata mantan pemain Chelsea ini.

Hal senada diungkapkan Jesse Lingard yang amat memburu kemenangan dalam dua pertandingan terakhir MU. “Itu adalah pertandingan yang ingin kami menangkan; sebuah pertandingan dengan tekanan tinggi. Kami siap. Kami telah bekerja keras,”

“Secara mental, Anda mesti mempersiapkan itu (perhatian dari Upton Park) dan kami tahu akan ada atmosfer yang bagus. Namun, kami tidak akan membiarkan semuanya menggangu pada hari itu, karena kami punya tugas yang mesti dilakukan, di mana kami harus mendapatkan tiga poin,” ucap Lingard kepada MUTV.

Ketakutan Van Gaal

Manajer MU, Louis van Gaal kemungkinan tak akan menurunkan Martial di lini serang karena cedera. Sementara itu, Rashford dan Daley Blind kemungkinan akan diturunkan setelah disimpan pada akhir pekan lalu kala menghadapi Norwich. Namun, bukan itu yang ditakutkan Van Gaal. Sama seperti Mata, Van Gaal mengkhawatirkan atmosfer Upton Park yang kemungkinan besar mampu mengangkat moral para pemain West Ham untuk bermain lebih baik.

“Kami tak ingin mengganggu pesta mereka, tapi kami butuh tiga poin. Ya, ini akan menjadi malam yang besar. Aku pikir para pemain pun akan merasakannya. Itu adalah pertandingan yang ketat,”

“Kami harus menghadapi lawan yang akan mengucapkan perpisahan dengan stadion mereka. Mereka pun tak mau kalah di pertandingan kandang terakhir mereka. Ini tidak bagus buat kami. Juga, West Ham United adalah tim yang bagus,” kata Van Gaal dikutip dari Independent.

Van Gaal menyatakan kalau selalu ada emosi di stadion. “Aku tengah menangani Ajax saat mereka pindah ke Amsterdam Arena. Kami kalah dalam beberapa pertandingan awal. Sebuah stadion itu selalu penting,” ucap pelatih berkebangsaan Belanda tersebut.

Hal ini diamini oleh Ander Herrera yang pernah merasakan pindah stadion. “Saat bermain di Spanyol terakhir kali di San Mames, jadi aku tahu akan sangat spesial (pertandingan terakhir itu) untuk West Ham dan para penggemarnya,” ungkap gelandang yang ditransfer dari Athletic senilai 24 juta pounds ini.

“Namun, kami harus menunjukkan kepada mereka bahwa kami memainkan sesuatu yang sangat penting. Mereka punya pertandingan terakhir yang mesti mereka nikmati. Harapan saya, mereka tidak akan menikmatinya karena kami tengah berjuang ke empat besar,” ucap Herrera.

Grafis: Ivan Hadyan

fva

Komentar