Menang Atas Ingolstadt Buat Bayern Raih Gelar ke-25

Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Menang Atas Ingolstadt Buat Bayern Raih Gelar ke-25

Kegagalan di semifinal Liga Champions ternyata tidak berdampak besar bagi Bayern Munchen. Pasalnya, bayang-bayang kegagalan di tersebut tidak menghinggapi skuat Bayern, anak asuh Josep “Pep” Guardiola pun mampu bermain lepas dari meraih tiga angka pada pekan 33 Bundesliga.

Tiga angka sendiri didapatkan oleh Bayern setelah mengalahkan tuan rumah, Ingolstadt, 1-2 di Audi Sportpark, Sabtu (7/5) malam WIB. Dua gol kemenangan Bayern dicetak oleh striker asal Polandia, Robert Lewandowski pada menit 15 dan 32. Sementara satu-satunya gol tuan rumah dicetak oleh Moritz Hartmann menit 42.

Bermain dengan skuat yang sebagian besar tampil menghadapi Atletico pada semifinal Liga Champions, minus Jerome Boateng dan Arturo Vidal, Bayern tampil begitu dominan. Beberapa kali pemain Ingolstadt pun tak kuasa menahan serangan Bayern yang digalang oleh Douglas Costa, Thomas Muller, serta Franck Ribery.

Gol pertama Bayern pun bermula dari kerja sama Costa dan Ribery. Pemain asal Prancis tersebut pun melaju cepat dan hanya tinggal berhadapan dengan kiper Ingolstadt, Ramazan Ozcan. Marvin Matip pun tak kuasa melanggar Ribery untuk menggagalkan peluang pemain bernomor punggung tujuh tersebut. Wasit pun menunjuk titik putih dan berhasil dieksekusi dengan baik oleh Lewandowski.

Usai mencetak gol, penampilan kedua kesebelasan sebenarnya lebih berimbang. Meski demikian, lagi-lagi Lewandowski kembali menjadi momok setelah berhasil memanfaatkan dengan baik umpan terobosan Xabi Alonso.

Ketinggalan dua gol membuat Ingolstadt bangkit. Mereka bahkan mencatatkan beberapa peluang, tapi penyelesaian akhir yang buruk membuat tim yang identik dengan warna merah hitam ini gagal mencetak gol.

Peluang untuk mencetak gol pada akhirnya didapat oleh Ingolstadt di lima menit terakhir jelang babak pertama usai. Berawal dari umpan terobosan di sisi kanan Ingolstadt, Xabi Alonso tak kuasa menahan pergerakan Hartmann, dan membuat pemain asal Spanyol tersebut melanggar Hartmann. Penalti pun diberikan dan mampu diselesaikan oleh Hartmann. Skor 1-2 menjadi penutup 45 menit pertama.

Di babak kedua, permainan kedua tim cenderung seimbang. Di 45 menit kedua, baik Ingolstadt maupun Bayern, tidak mampu membuat gol. Skor 1-2 pada akhirnya menjadi penutup pertandingan ini.

Dengan kemenangan ini, Bayern menahbiskan diri sebagai juara Bundesliga. Pasalnya, dengan satu pertandingan tersisa, 85 poin milik Bayern sudah tidak mungkin lagi bisa dikejar oleh Borussia Dortmund yang saat ini memiliki 77.

Dengan keberhasilan menjuarai Bundesliga musim ini, Bayern pun semakin memperkokoh dominasinya di Bundesliga. Bagaimana tidak, sejak kompetisi Bundesliga digelar pada 1963/64, Bayern berhasil mengumpulkan 25 trofi. Torehan ini jauh mengungguli Borussia Mönchengladbach dan Borussia Dortmund yang baru mengumpulkan lima gelar.

Keberhasilan ini juga menjadi prestasi tersendiri bagi Pelatih Bayern, Pep Guardiola. Pasalnya, dengan menjadi juara tahun ini, ia berhasil membukukan tiga gelar Bundesliga dalam waktu tiga tahun semenjak kedatangannya dari Barcelona.

Sumber gambar: Bleacher Reports

Komentar