Klopp: Liverpool Pantas Kalah

Berita

by Redaksi 31

Redaksi 31

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Klopp: Liverpool Pantas Kalah

Swansea berhasil mengalahkan Liverpool 3-1 dalam lanjutan Liga Primer Inggris, pada Minggu (1/5) petang. Penampilan apik gelandang serang Swansea yang berhasil menyumbang dua gol, Andre Ayew, mengantarkan Liverpool kalah dalam dua pertandingan terakhirnya.

Swansea yang tampil dengan kekuatan penuh pada laga ini, menghadapi pemain Liverpool yang didominasi oleh pemain lapis kedua. Tercatat, nama kiper Danny Ward menjadi pilihan Klopp di bawah mistar gawang. Lalu, ada nama lain seperti Kevin Stewart, Brad Smith di posisi bek, Pedro Chirivella dan Sheyi Ojo di lini tengah. Dengan skuat yang diturunkan di laga ini, membuat Liverpool menjadi tim dengan rataan starter termuda di Liga Primer dengan 23 tahun 218 hari.

Swansea yang kali ini bisa dibilang unggul pengalaman dari sisi pemain, tampil menekan sejak peluit dibunyikan. Swansea mendapatkan peluang pertama pada menit ke-12 melalui gelandangnya, Gylffi Sigursson. Seisi stadion Liberty bersorak saat Andre Ayew mencetak gol pertama pada laga ini pada menit ke-20. Ayew dengan cerdik menyundul bola hasil operan Sigursson dalam kepungan lini belakang Liverpool.

Kubu tamu, Liverpool, mencoba untuk melepaskan tembakan, seperti peluang dari Jordon Ibe. Namun, penyelamatan mampu dilakukan kiper Swansea, Lukasz Fabianski.

Lalu, 13 menit berselang, kubu tuan rumah mampu memperlebar keunggulan. Kali ini, gol dicetak oleh Jack Cork yang mampu mencetak gol dari jarak jauh yang sebelumnya didahului dengan penetrasi langsung ke kotak penalti Liverpool. Gol dari Cork ini merupakan yang pertama kalinya sejak terakhir mencetak gol pada April 2015 kontra Newcastle United.

Liverpool yang ingin mengubah keadaan kemudian memasukkan Lucas Leiva dan Christian Benteke, serta menarik keluar Coutinho dan Chirivella di awal babak kedua.

Masuknya Benteke sempat membuat anak asuh Jürgen Klopp memperkecil ketertinggalan. Situasi sepak pojok mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Benteke melalui sundulan pada menit ke-65. Gol tersebut merupakan gol ke-50 bagi Benteke di ajang Liga Primer Inggris.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Liverpool yang longgar dalam bertahan, kembali kemasukan gol. Andre Ayew lagi-lagi mampu menggetarkan jaring gawang yang dikawal oleh Danny Ward, yang sebelumnya diawali dari kemelut. Tuan rumah unggul 3-1. Gol ini merupakan gol ke-10 Ayew di ajang Liga Primer.

Harapan Liverpool untuk membuat keajaiban setelah tertinggal dua gol harus pupus pada menit ke-76, setelah Brad Smith mendapat kartu kuning kedua.

Pelatih Swansea, Francesco Guidolin memuji fokus dan kerja keras yang ditunjukkan oleh anak asuhnya. "Ini adalah hasil yang penting bagi saya, bagi para pemain, untuk klub, karena ini adalah musim yang rumit. Saya senang untuk pemain saya karena hari ini mereka telah menunjukkan mereka tidak berada di pantai tapi sangat fokus pada pekerjaan. Saya tahu pemain saya dan saya bangga dengan mereka," ujarnya dikutip BBC.

Sementara manajer Liverpool, Jürgen Klopp mengakui kelemahan dan juga keunggulan lawan sehingga Liverpool kalah dalam laga ini.

"Kami pantas kalah, mereka pantas menang, itu bagaimana sepak bola pada hari yang buruk. Saya pikir kami kehilangan banyak bola dengan mudah, kami tidak kompak, ada banyak hal yang kita bisa melakukan yang lebih baik [kedepannya]. Jika kami memainkan permainan dengan normal, kami bisa menang," ucap Klopp.

Dengan kemenangan ini, Swansea dipastikan aman berada di papan tengah klasemen Liga Primer, yaitu di peringkat ke-13 dengan raihan 43 poin. Ini juga merupakan kemenangan beruntun di empat laga kandang terakhir mereka. Sementara itu, Liverpool tidak beranjak dari posisi ketujuh tabel Liga Primer dengan mengumpulkan 55 poin.


Foto: premierleague

ed: fva

Komentar