Sekali Lagi, Suarez Cetak Empat Gol

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Sekali Lagi, Suarez Cetak Empat Gol

Seelah mengandaskan perlawanan Deportivo La Coruna di laga sebelumnya dengan skor 8-0, pada laga Minggu (24/4) dini hari WIB, Barca lagi-lagi sukses mengalahkan lawannya dengan skor mencolok. Kali ini, mereka berhasil mengalahkan Sporting Gijon di Camp Nou dengan skor meyakinkan 6-0.

Gol-gol dari Barca dicetak oleh Lionel Messi (`12), Luis Suarez (`63, `74 (pen), `77 (pen). `88), dan Neymar (`85 (pen)). Suarez kembali mencetak empat gol di pertandingan kali ini dan membuat ia masuk ke dalam jajaran pemain-pemain yang pernah mencetak empat gol dalam suatu pertandingan dalam dua tahun terakhir di La Liga, bersama Cristiano Ronaldo yang sudah mencetak empat gol sebanyak empat kali.

Dalam pertandingan kali ini, Barca sangat mendominasi lawannya. Hal ini terlihat dalam penguasaan bola Barca yang mencapai 67% berbanding dengan Gijon yang hanya 33%. Hal ini ditambah dengan jumlah passing, baik itu passing kunci maupun passing hanya sekedar untuk mempertahankan penguasaan bola sebanyak 716 umpan yang dilakukan, dengan jumlah umpan terbanyak adalah umpan pendek dengan jumlah 642 kali.

Selain itu, yang menjadi hal unik dalam pertandingan ini adalah tiga gol yang terjadi dari kasus yang sama; tendangan penalti. Tiga tendangan penalti mengiringi kemenangan Barca atas Gijon tadi malam. Tendangan-tendangan penalti ini mencerminkan bahwa begitu bergelombangnya serangan Barcelona (catatan, serangan Barcelona cukup merata dari segala arah dengan rataan 33% dari kiri, 33% dari tengah, dan 34% dari kanan) yang datang dari segala penjuru sehingga membuat para pemain Gijon melakukan pelanggaran tidak perlu di kotak penalti, meskipun penalti Neymar agaknya harus dipertanyakan.

Bukan hanya itu, yang menjadi menarik adalah gol-gol dalam pertandingan semalam semuanya dicetak oleh Messi, Suarez, dan Neymar, dengan rincian Suarez empat gol, Neymar satu gol, dan Messi satu gol. Setidaknya, hal ini menunjukkan bahwa MSN telah kembali produktif setelah dalam beberapa minggu ke belakang sempat mengalami kesulitan untuk mencetak gol yang berakibat gagalnya Barca melaju ke semifinal Liga Champions Eropa dan juga kalah di ajang El Clasico melawan Real Madrid di Camp Nou.

Bagi Suarez sendiri, empat gol yang dicetaknya menjadikan dirinya masuk sebagai kandidat pencetak gol terbanyak di La Liga dengan jumlah gol 34, melebihi Cristiano Ronaldo yang baru mencetak 31 gol.

foto: heavy.com

Komentar