Ketika Cristiano Ronaldo Mulai Kelelahan

Berita

by Redaksi 31

Redaksi 31

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Ketika Cristiano Ronaldo Mulai Kelelahan

Ada pemandangan yang mungkin membuat kacau pikiran sebagian orang yang menyaksikan laga Real Madrid kontra Villarreal, Kamis (21/4) dini hari WIB tadi. Real Madrid berhasil menumbangkan tim peringkat ke-4 di tabel sementara La Liga. Namun, Cristiano Ronaldo ditarik keluar pada menit-menit akhir tanpa digantikan. Kebetulan saat itu jatah pergantian pemain Real Madrid telah habis.

Menurut prakiraan media-media setempat, Ronaldo cedera setelah mencoba melakukan tendangan salto di kotak penalti Villarreal saat laga berlangsung. Ronaldo terlihat memegang hamstring kanannya saat berjalan ke lorong pemain. Kans seorang pemain terkena cedera hamstring sendiri semakin membesar jika pemain tersebut mengalami kelelahan, hal ini juga bisa dialami Ronaldo.

Melihat kejadian tersebut, patut dicermati apa yang menjadi penyebab cederanya pemain yang memiliki inisial ‘CR7’ tersebut. Musim ini bisa dibilang menjadi musim yang sibuk bagi Ronaldo. Bayangkan saja, di seluruh laga yang dijalani Real Madrid, Ronaldo bermain penuh (90 menit) kecuali saat melawan Cadiz di ajang Copa del Rey (tidak dimainkan).

Mendapati pemainnya cedera, Zidane tentu memiliki perasaan cemas di dalam dirinya. Tapi, legenda Prancis tersebut mencoba menenangkan ketakutan orang-orang.

"Cristiano merasa ada yang tak beres. Dia ditarik keluar karena dia ingin tahu apa masalahnya. Sepertinya itu lebih menakutkan dibanding apapun," ujar Zidane dikutip ARYsports.tv.

"Kami harus menunggu sampai besok, tapi saya santai saja saat ini. Kami tahu itu, tapi saya tak lagi merasa sekhawatir awalnya setelah melihatnya di ruang ganti," sambungnya.

Ia kemudian mempertegas, "Dia merasa rileks. Sepertinya tidak ada yang serius. Kita lihat saja hasil tesnya besok."

Pria berkebangsaan Prancis tersebut dikenal sebagai juru taktik yang ulung. Rangkaian hasil positif yang diraih Real Madrid tak lepas dari andil Zidane. Namun patut dicatat, Zidane tak memiliki ketegasan untuk mengistirahatkan Cristiano Ronaldo. Hal ini dapat dilihat dari pernyataannya berikut.

"Pemain seperti Cristiano, kadang-kadang dia harus istirahat, tidak menuntaskan laga, atau duduk di bangku cadangan. Tapi dia selalu ingin berada di lapangan," terangnya pasca-laga. "Bagi saya terkadang seperti hari ini, rasanya tidak enak ketika melihatnya ditarik keluar. Ada beberapa laga ke depan, kita lihat kapan dia bakal kembali."

Zidane meyakini Ronaldo masih bisa tampil di laga penting Real Madrid berikutnya, apalagi Los Blancos akan menghadapi Manchester City di babak semifinal Liga Champions, enam hari mendatang (27/4).

"Mudah-mudahan dia akan berlatih dengan kami besok dan siap untuk pertandingan hari Sabtu," ujarnya.

Memang cederanya Ronaldo tidak bisa disalahkan semua kepada sang entrenador, apalagi melihat catatan luar biasa Ronaldo di musim ini. Menurut Whoscored, total sudah 47 gol dan 15 assist ia berikan dalam 3.959 menit ia bermain di semua ajang musim ini dari total bermain Real Madrid sejumlah 4.050 menit. Namun seperti pengakuannya pasca-laga kontra Villareal, Zidane harus sadar bahwa Ronaldo butuh istirahat. Sehebat-hebatnya, Ronaldo juga manusia yang memiliki rasa lelah dan batas kemampuan fisik. Ronaldo butuh istirahat.

Dan Zidane sudah selayaknya mengerti hal ini sejak jauh-jauh hari, sebelum nantinya dia menyesal di kemudian hari karena semua rencananya bersama Real Madrid tidak berjalan mulus seperti harapannya.

Foto: FFT
[tr]

Komentar