Di Balik Euforia Kemenangan Telak Liverpool Atas Everton

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Di Balik Euforia Kemenangan Telak Liverpool Atas Everton

Liverpool kembali menoreh hasil positif. Menjalani laga bertajuk Derby Merseyside menghadapi Everton pada Kamis (21/4) dini hari WIB, skuat asuhan Juergen Klopp tersebut menang dengan skor 4-0 lewat gol yang dicetak Divock Origi, Mamadou Sakho, Daniel Sturridge dan Philippe Coutinho.

Atas kemenangan ini, Liverpool melanjutkan tren tak kekalahan di bulan April. Dari enam pertandingan yang dijalani Liverpool sepanjang April di segala kompetisi, Liverpool meraih empat kemenangan dan dua hasil seri. Keberhasilan Liverpool menjungkalkan Everton ini pun menjadi kemenangan beruntun Liverpool dalam tiga pertandingan terakhir di Liga Primer.

Berlanjutnya Penampilan Impresif James Milner

Dari sederet hasil positif Liverpool, salah satu pemain Liverpool yang begitu memberikan kontribusi bagi kemenangan-kemenangan Liverpool adalah James Milner. Meski tak mencetak gol, ia menjadi andalan di lini tengah dan melayani rekannya yang lain untuk mencetak gol.

Pada laga melawan Everton, Milner mencetak dua assist. Ia memberikan umpan matang pada Origi dan Sakho yang membuat Liverpool unggul 2-0 pada babak pertama. Total, ia mencetak 14 assist dalam 36 penampilan yang ia jalani di segala kompetisi.

Dua assist yang ia torehkan saat menghadapi Everton pun membuatnya secara berturut-turut mencetak dua assist dalam tiga pertandingan terakhirnya bersama Liverpool (absen saat Liverpool menghadapi Bournemouth). Sebelum menghadapi Everton, Milner mencetak dua assist saat The Reds menghadapi Stoke City (4-1) dan Borussia Dortmund (4-3).

Selain torehan assistnya, pemain yang menjadi kapten Liverpool jika tak ada Jordan Henderson di lapangan ini juga sudah mencetak tujuh gol sejauh ini.

Perlu diketahui, Milner merupakan pemain yang baru direkrut pada musim ini. Dengan tanpa sepeser pun mengeluarkan biaya transfer kala mengangkutnya dari Manchester City, Liverpool jelas mendapatkan keuntungan besar dari kehadiran Milner.

Kerja Keras Coutinho Membuahkan Hasil

Dari daftar pencetak gol Liverpool ke gawang Everton dini hari tadi Coutinho kembali mencatatkan namanya di papan skor. Coutinho mencetak gol keempat Liverpool pada laga ini dengan gaya khasnya yaitu lewat tendangan dari luar kotak penalti.

Coutinho sendiri sama halnya dengan Milner, performanya tengah menanjak. Dalam Lima pertandingan terakhir, gelandang asal Brasil ini mencetak empat gol dan satu assist. Tambahan golnya ke gawang Everton membuat dirinya total mencetak delapan gol di Liga Primer atau terbanyak kedua setelah Roberto Firmino.

Coutinho memang selalu bernafsu mencetak gol setiap kali berada di lapangan. Upaya tembakan dari luar kotak penalti sering ia lepaskan. Pada laga ini, Coutinho tercatat melepaskan sembilan tembakan, terbanyak di laga ini.

Gol Coutinho yang tercipta pada menit ke-76 ini lahir dari tendangan ke-30 Liverpool pada laga ini. Total, Liverpool mencetatak 37 tembakan percobaan dengan rincian 13 on target, 14 off target dan 10 diblok pemain bertahan Everton. Dominasi total.

Divock Origi Menjadi Tumbal

Di balik euforia kemenangan Liverpool ini, terdapat sebuah kesedihan bagi kubu The Reds. Penyerang andalan mereka, Divock Origi, mendapatkan cedera yang tampaknya cukup serius. Pada menit ke-50, pergelanganl Origi terinjak (atau diinjak?) oleh bek Everton, Funes Mori. Funes Mori sendiri lantas diganjar kartu merah langsung.

Pertandingan sempat terhenti hampir lima menit karena Origi mendapatkan perawatan yang cukup serius. Setelah dipastikan tak bisa melanjutkan pertandingan, Origi pun ditandu keluar lapangan dan tempatnya digantikan Daniel Sturridge.

Saat Origi mendapatkan perawatan, Klopp tampak kecewa sampai menggeleng-gelangkan kepala. Kehilangan Origi jelas akan menambah daftar cedera panjang pemain Liverpool yang ada saat ini. Belum lama ini, Emre Can mengalami cedera serius pada laga melawan Dortmund yang membuatnya diperkirakan absen hingga akhir musim nanti.

Sementara itu Liverpool saat ini terus merangkak ke perburuan zona Liga Europa di klasemen sementara Liga Primer. Kemenangan atas Everton membuat Liverpool menempati posisi tujuh menggeser Southampton dengan 54 poin. Perlu diketahui, Liverpool masih belum menjalani pertandingan ke-34 mereka. Di mana jika mereka menang, Liverpool bisa menggeser West Ham United di peringkat enam (56 poin).

Selain di Liga Primer, Liverpool masih berpeluang menjuarai Liga Europa. Klopp tentunya berharap cedera Origi tidak parah. Karena absennya satu per satu pemain akan memengaruhi mental dan penentuan strategi Klopp di lapangan.

Komentar