Mengintip Babak Semifinal Piala DFB

Berita

by redaksi

Mengintip Babak Semifinal Piala DFB

Kejuaraan yang diselenggarakan asosiasi sepakbola Jerman yang disebut DFP-Pokal atau Piala DFB telah menempuh babak semifinal. Di gelaran ke-73 turnamen ini menempatkan empat klub Bundesliga yang akan bersaing di babak semifinal untuk merebut tempat di final, yakni Bayern München, Werder Bremen, Borussia Dortmund serta Hertha Berlin.

Bayern München vs. Werder Bremen

Juara terbanyak pada ajang ini, FC Bayern akan menjamu Werder Bremen pada Sekasa (19/8) waktu setempat. Bayern diperkirakan akan berusaha keras untuk mempertahankan peluangnya meraih titel treble musim ini.

Meskipun Bremen musim ini terseok-seok di papan bawah klasemen, namun pelatih mereka, Pep Guardiola mewaspadai potensi Werder. Guardiola dengan tegas mengungkapkan pada sesi konferensi pers.

“Besok adalah semifinal. Sudah tentu kami mengharapkan kemenangan untuk penggemar dan menuju babak final,” tegasnya pada DW.

“Saya telah melihat laga terakhir Bremen. Mereka tim yang sangat agresif dan akan menyuitkan kami,” ujarnya.

Guardiola menegaskan komitmen Bayern di kejuaraan ini. Melangkahnya Bayern ke semifinal Liga Champions tidak membuat mereka mengenyampingkan DFB Pokal.

“Ini adalah semifinal, dan semifinal selalu sulit. Atletico [Madrid] kan menjadi sulit pula,” tutur Guardiola.

Tradisi München di ajang ini bisa dibilang sama kuatnya dengan di Bundesliga. Tim berjuluk FC Hollywood ini berhasil memboyong trofi DFB Pokal sebanyak 17 kali dan terakhir direngkuh pada musim 2014/15 silam.



Werder juga merupakan salah satu tim yang memiliki tradisi juara di gelaran Piala DFB. Tim berjuluk Die Werderaner tersebut sudah meraih 6 kali titel di ajang ini. Terakhir kali mereka memenangkannya yatu pada musim 2008/09, kala itu Mesut Özil dkk. sukses mengandaskan Bayer Leverkusen di laga final.

Clemens Fritz, kapten Werder bertekad untuk memberikan yang terbaik kala mereka melawat ke Allianz Arena.

“Saya berbicara dengan beberapa rekan saya kemarin. Meraih gelar tujuan kita sebagai pemain profesional,” ujar pemain berusia 35 tahun tersebut.

Fritz yang telah mengumumkan rencana pensiun di akhir musim ini mengharapkan lebih dari sekadar pesaing juara saja di ajang ini.

“Saya bersemangat untuk laga esok di Munich untuk terakhir kalinya, tapi saya harap itu bukan laga terakhir saya di ajang ini,” tutur Fritz.

Bremen memastikan tempat di semifinal karena pada babak sebelumnya berhasil menumbangkan Bayer Leverkusen 3-1. Laga Bayern kontra Bremen ini juga mengulang kenangan laga final Piala DFB pada tahun 2010. Namun kala itu, Bayern berhasil menaklukkan Bremen di Berlin.

Hertha BSC vs. Borussia Dortmund

Di laga lainnya, tim yang menjadi kejutan di Bundesliga musim ini, Hertha Berlin akan menghadapi Dortmund pada hari Rabu (20/4) waktu setempat.

Mengetahui bahwa timnya akan menghadapi Borussia Dortmund yang merupakan salah satu favorit juara pada ajang ini, pelatih Hertha, Pal Dardai tetap optimis. Menurutnya, ajang ini memungkinkan semua tim untuk meraih gelar juara.

“Dortmund adalah tim favorit, tapi di dalam semua laga piala seperti ini anda bisa membuat cerita dongeng atau keajaiban, “ ujarnya pada konferensi pers.



Hertha mencatatkan rekor tersendiri untuk sampai hingga babak semifinal. Ini merupakan laga semifinal pertama bagi Hertha sejak 35 tahun lalu. Hertha pada babak sebelumnya berhasil menumbangkan klub divisi dua, Heidenheim dengan skor 3-2.

Di kubu Dortmund, mereka juga sama optimisnya. Apalagi ajang ini merupakan satu-satunya harapan skuat asuhan Thomas Tuchel untuk meraih gelar di musim ini. Harapan mereka untuk melangkah lebih jauh di Europa League terhenti secara dramatis oleh Liverpool pekan lalu.

“Kami berada dalam spirit yang baik untuk laga di Berlin [kandang Hertha],” ujar pelatih BVB, Thomas Tuchel. “Kami ingin mencapai laga final. Itu satu-satunya yang ada di pikiran kami,” tutupnya.

Dortmund juga berupaya untuk memupus catatan buruk mereka di ajang Piala DFB. Dua musim berturut klub berjuluk Die Borussen ini gagal meraih gelar. Musim lalu mereka secara mengejutkan takluk dari VfL Wolfsburg dan di tahun sebelumnya kalah dari Bayern München.

Nantinya keempat tim tersebut akan merebut tiket final yang akan dilangsungkan 21 Mei mendatang di Olympiastadion Berlin.


Foto: gettyimages

[tr]

Komentar