Para Pemain Dortmund Tak Akan Terbelenggu di Anfield

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Para Pemain Dortmund Tak Akan Terbelenggu di Anfield

Menghadapi Liverpool di leg kedua babak delapan besar Europa League di Stadion Anfield, pelatih Dortmund, Thomas Tuchel, mengatakan bahwa timnya siap untuk bermain lebih baik dan lebih berani untuk mengambil risiko. Tuchel juga mengakui bahwa ia senang akan tekanan dan tuntutan untuk mencetak gol lebih dari satu di Anfield nanti yang harus dilakukan oleh Dortmund agar dapat lolos ke babak selanjutnya.

Di leg pertama, Tuchel merasa bahwa timnya tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik karena terpengaruh oleh perasaan emosional terhadap kepulangan seorang Juergen Klopp ke Signal Iduna Park, tempat ia mengabdi dahulu. Apalagi, beberapa pemain yang sekarang ini sedang ia tangani pernah menghabiskan waktu yang cukup lama bersama seorang Juergen Klopp.

"Ada sebuah perasaan yang tak tergambarkan saat ia kembali ke Signal Iduna Park di leg pertama kemarin. Anda tidak bisa menyangkal bahwa ada emosi kuat yang sudah terbentuk antara para pemain saya dan Juergen Klopp. Ia pernah menangani tim ini dalam waktu yang lama. Hal ini yang membuat para pemain saya terbelenggu di leg pertama sehingga tidak dapat mengeluarkan kemampuan maksimal mereka," ujar Tuchel seperti dilansir oleh The Guardian.

Di leg pertama kemarin, Klopp mendapatkan sebuah sambutan yang hangat dari para fans Dortmund. Masa pengabdiannya di Dortmund pun banyak dihabiskan dengan catatan manis, seperti mengantarkan Dortmund menjuarai Bundesliga dua kali berturut-turut dan juga melaju sampai partai final Liga Champions Eropa sebelum dikalahkan oleh Bayern Muenchen.

Tapi, Tuchel menekankan bahwa di leg kedua ini Dortmund sudah lepas dari belenggu itu dan siap untuk melawan Liverpool di Anfield. Belenggu yang menghalangi mereka untuk tampil lepas sudah tidak ada dan mereka siap untuk menyingkirkan Liverpool di ajang Europa League ini.

"Kami harus mencetak gol dan kami siap untuk mengambil risiko apapun agar bisa mencetak gol di Anfield. Belenggu leg pertama sudah hilang dan sekarang kami bisa bermain sesuai dengan potensi yang kami miliki. Sebagai seorang pelatih, saya senang akan keadaan seperti ini, keadaan ketika tekanan menyelimuti klub," ujar Tuchel.

Setelah mengistirahatkan delapan pemain saat bermain imbang dengan Schalke 04 dalam ajang Revierderby, Tuchel dapat kembali menurunkan skuat utamanya. Ilkay Guendogan siap untuk kembali bermain usai sembuh dari cedera. Marco Reus yang tidak dimainkan di laga Revierderby pun tampaknya akan dimainkan. Jika para pemain inti Dortmund kembali bermain, bukan tidak mungkin Dortmund akan mengeluarkan potensinya, seperti yang diucapkan Tuchel di atas.

foto: guardian.co.uk

Komentar