#PanditHighlights Spanduk-Spanduk untuk Moyes

Berita

by redaksi

#PanditHighlights Spanduk-Spanduk untuk Moyes

Sejak penunjukannya tahun lalu sebagai manajer Manchester United, David Moyes memang mandapatkan dukungan yang positif dari para pendukung Setan Merah. Setidaknya itulah salah satu pesan pamungkas dari Sir Alex Ferguson sebelum ia pensiun, yaitu untuk mendukung manajer United setelahnya.

01 The Chosen One

Pada masa-masa awal kepemimpinannya di Theatre of Dreams, spanduk propaganda "The Chosen One" sudah terpampang dengan gagahnya di tribun Streford End di Old Trafford. Spanduk ini benar-benar menegaskan dukungan dari para pendukung untuk manajer baru mereka tersebut.

Tidak butuh waktu lama untuk melihat United terpuruk, pada awal kompetisi Premier League sudah ada desas-desus bahwa Moyes tidak becus menangani tim. Beberapa masih percaya, beberapa yang lain sudah mulai gundah. Namun, yang paling menikmati momen ini tentunya adalah para pendukung tim rival.

Football Genius

Awalnya, "pujian" terhadap Moyes datang dari para pendukung Liverpool ketika mereka bertamu ke Old Trafford pada partai Piala Liga. Spanduk yang menunjukkan sarkasme terhadap Moyes dipampangkan, yaitu "Football Genius". Namun, hari itu Moyes bisa tertawa, karena United berhasil mengalahkan dan menyingkirkan Liverpool. Tapi, faktanya memang ini adalah awal dari spanduk-spanduk menggelikan berikutnya.

03 Football Genius Again

Saat United semakin terpuruk di Premier League, kelakuan serupa dilakukan oleh para pendukung Manchester City saat keduanya bertemu di Etihad. Mereka mungkin sedang menikmati United yang butut di bawah Moyes, sambil berharap Moyes terus dipertahankan United.

04 Football Genius Yet Again

Setengah tahun telah berlalu sejak Moyes memimpin, United masih saja terpuruk. Kali ini kembali pendukung sang rival, Liverpool, memampangkan spanduk yang tidak jauh berbeda di Old Trafford, ketika Liverpool berhasil memukul United.

Ternyata selain dari para pendukung rival, pendukung United sendiri pun sudah menyiapkan spanduk serupa untuk Moyes. Mungkin karena gerah dengan timnya yang sedang terpuruk di bawah kendali Moyes, sang pendukung anonim dikabarkan menyewa pesawat dengan biaya mencapai 840 poundsterling.

David Moyes banner Manchester United v Aston Villa - Premier League

Spanduk tersebut bertuliskan "Wrong One - Moyes Out" sambil mengejek spanduk "The Chosen One" di Streford End yang masih juga dipasang di Old Trafford padahal performa United tidak kunjung menunjukkan bahwa Moyes memang the chosen one.

Spanduk ini diterbangkan ketika United berlaga pada pertandingan kandang melawan Aston Villa. Pendukung di dalam stadion kebanyakan mengejek spanduk ini ketika diterbangkan, meskipun saking tingginya sebenarnya spanduk ini tidak bisa terbaca dengan baik.

06 Dont Sack Moyes

Performa United di bawah Moyes memang semakin memburuk dan beredar isu pemecatan dirinya. Namun, saat kabar Moyes akan dipecat pun, spanduk kembali bertaburan di stadion. Seolah tidak rela jika Moyes dipecat, dua orang pendukung Manchester City, saat City berjumpa dengan West Brom di Etihad, memampangkan spanduk "Don't Sack Moyes" sambil berharap United mempertahankan Moyes dan tetap terpuruk.

Pada akhirnya Moyes memang dipecat dan digantikan oleh Ryan Giggs sebagai interim-player-manager. Tapi tidak sampai situ saja, timbul kabar bahwa spanduk "The Chosen One" di Old Trafford dilelang, dan yang lebih parahnya lagi ketika United bermain untuk di Old Trafford melawan Norwich City, pertandingan pertama United tanpa Moyes, pendukung United kembali menerbangkan spanduk di atas stadion.

07 Thank You Moyes

Spanduk yang tidak jelas antara rasa terimakasih yang tulus atau sekedar sarkasme lainnya, diterbangkan di atas Old Trafford, bertuliskan "Thank U Moyes". Ya memang beberapa orang hanya ingin membakar uang mereka.

Moyes memang secara tidak langsung telah mentransformasikan Manchester United menjadi tim medioker dan menyulap Old Trafford menjadi Theatre of Bad Dreams, namun ternyata saat-saat sulit tersebut juga dinikmati dengan maksimal oleh para pendukung tim rival. Moyes sudah menjadi kelakar Manchester United selama Premier League berlangsung sejak dua dekade yang lalu.

Pendukung United pasti berharap mereka akan menemukan performa terbaik mereka lagi musim depan siapapun yang memimpin mereka. Tapi jangan kejam, kita semua tentunya boleh berharap yang terbaik untuk David Moyes pada tahun-tahun mendatang dimanapun ia akan bekerja, karena tahun ini sudah sangat berat sekali pastinya untuk pria Glasgow itu.

(dex)

Komentar