Belum Genap Sebulan, Sunderland Akhiri Kontrak Eboué

Berita

by redaksi

Belum Genap Sebulan, Sunderland Akhiri Kontrak Eboué

Sunderland resmi mengakhiri kontrak Emmanuel Eboué setelah pemain asal Pantai Gading tersebut disanksi FIFA. Eboué menjadi tersangka atas terkait pembayaran gaji mantan agennya, Sebastien Boisseau, pada September tahun lalu. Sanksi yang didapat Eboué adalah larangan bermain selama satu tahun atau hingga ia membayar utangnya kepada Boisseau. Akan tetapi, pemain yang beroposisi sebagai bek kanan tersebut diperbolehkan untuk melakukan banding dalam tempo waktu dua minggu.

FIFA telah menyatakan pernyataan resmi, “Emmanuel Eboué yang berasal dari Pantai Gading dan kini bermain untuk klub Inggris Sunderland, telah mendapatkan larangan bermain untuk mengambil bagian dalam berbagai hal yang berkaitan dengan sepakbola dan akan berlangsung selama satu tahun atau hingga ia membayar sejumlah uang yang belum dibayarkan kepada mantan agennya.” Kebijakan yang diambil FIFA tersebut berdasarkan pada FIFA Players Agents Regulations yang dibuat pada tahun 2008.

Sunderland merekrut Eboue pada 9 Maret tahun lalu dan belum sekalipun bermain untuk memperkuat The Black Cats. Pemain berusia 32 tahun tersebut didapatkan dengan status bebas transfer setelah kontraknya tidak diperpanjang oleh mantan klubnya, Galatasaray. Ia tidak mendapatkan tempat di skuad Galatasaray di awal musim 2014/2015 setelah kuota pemain asing dalam skuat klub yang telah menjuarai Turki Super Lig sebanyak 20 kali itu sudah penuh. Bahkan dari masa kepelatihan Cesare Prandelli hingga Hamza Hamzao?lu pun tak ada yang berminat untuk memakai jasa Eboué dalam skuatnya.

Sunderland berencana memperkuat lini pertahanan dengan mendatangkan Eboué setelah tim besutan Sam Allardyce tersebut menjadi tim dengan jumlah kebobolan terbanyak kedua di Liga Primer. Mereka telah kemasukan sebanyak 55 gol dari 30 laga. Akan tetapi, niat tersebut terpaksa diurungkan karena Eboué mendapat larangan bermain oleh FIFA.

Karir Eboué dimulai di ASEC Mimosas, sama seperti beberapa pemain bintang Pantai Gading. Tak lama kemudian ia hijrah ke Belgia untuk memperkuat K.S.K. Beveren hingga akhirnya direkrut oleh Arsene Wenger pada musim 2004/2005. Selama enam tahun membela Arsenal ia berhasil membawa The Gunners menjadi runner up Liga Champions dan Capital One Cup. Eboué juga merupakan salah satu dari generasi emas Pantai Gading bersama Didier Drogba dan Toure bersaudara. Ia telah mengantongi 79 Caps dan telah menyumbangkan tiga gol bagi The Elephants.

Foto: Dailyrecord

ed: fva

Komentar