Tak Akan Ada Nama Baru untuk Skuat Italia di Euro 2016

Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Tak Akan Ada Nama Baru untuk Skuat Italia di Euro 2016

Kekalahan dari Jerman 4-1 di Allianz Arena, Rabu (30/3) dini hari, tampaknya menjadi pelajaran berharga bagi Italia. Pasalnya, skema tiga pemain belakang yang diusung oleh Pelatih Tim Nasional Italia, Antonio Conte, berhasil ditembus dengan mudah oleh pemain Jerman di laga ini.

Oleh karena itu, tak terlalu mengherankan melihat Jerman mampu mencetak empat gol yang masing-masing dicetak Toni Kross, Mario Goetze, Jonas Hector, dan Mesut Ozil. Gli Azzurri  sendiri hanya sanggup membalas melalui Stephan El Shaarawy.

“Sangat tidak menyenangkan melihat tim kalah. Tapi, yang pasti, kami sudah berusaha memainkan yang terbaik pada laga ini,” ujar Conte. “Saya tidak mau mengkritik apa yang dilakukan oleh anak-anak, karena mereka telah tampil lebih baik ketimbang saat kami berhadapan dengan Spanyol.”

Meski Italia gagal meraih kemenangan dari Jerman, Conte tak merasa ada yang salah dengan timnya. Ia bahkan tak merasa timnya perlu mengganti skuat yang ada  sekarang dan memasukkan nama-nama baru yang minim caps di level internasional, seperti Domenico Berrardi dan Nicola Sansone.

“Saat ini kami tengah mencoba menyortir pemain terbaik yang tersedia. Oleh karena itu, saya merencanakan beberapa perubahan sebelum pendaftaran pemain untuk Euro 2016,” ucap Conte kepada Football-Italia.

“Untuk pemain yang akan saya panggil, saya pilih dari beberapa nama yang telah memiliki pengalaman di tim nasional sebelumnya. Nama-nama tersebut akan menggantikan pemain yang mungkin akan absen di Euro 2016 akibat cedera,” tambah Conte.

"Nama-nama yang sudah pernah bermain untuk tim akan kami sortir lagi. Daftar pemain yang akan kami berikan enam minggu lagi rasanya tidak akan jauh dari daftar pemain yang sekarang," ucapnya.

Keputusan eks pelatih Juventus ini untuk tidak memilih pemain yang minim pengalaman di Timnas Italia membuatnya tak lepas dari kritik. Hanya saja, ia menolak untuk disebut tak melakukan perubahan untuk Timnas Italia.

“Saya selalu berusaha melakukan perubahan. Kami bahkan selalu berupaya untuk melakukan perubahan pada setiap celah. Buktinya, saya mengganti lima pemain yang bermain sebagai starter di pertandingan melawan Spanyol dengan Insigne, Montolivo, Bernardeschi, dan Zaza (Jorginho belum sempat bermain),” ucapnya.

Pilihan Conte untuk tidak memasukkan nama-nama debutan di Timnas Italia rasa-rasanya cukup mengagetkan. Pasalnya, negara-negara favorit lainnya, seperti Inggris dan Prancis, tengah banyak bereksplorasi dengan memasukkan banyak pemain anyar di timnas masing-masing.

Komentar